Jakarta (ANTARA) - Petenis Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi secara mengejutkan berhasil menumbangkan unggulan kedua sekaligus juara seri sebelumnya Leo Borg, Kamis, untuk lolos ke perempat final Turnamen BNI-MedcoEnergi International Tennis M25K Seri III.

Bertanding di lapangan tenis Hotel Sultan, Jakarta, Rifqi, yang tampil sebagai petenis non unggulan serta secara peringkat jauh di bawah lawannya, mampu memenangi pertandingan setelah bertarung melalui laga yang melelahkan selama tiga set.

Dari catatan pertandingan diketahui bahwa Rifqi berhasil mengemas kemenangan 6-7(10), 7-6, 6-1 atas lawannya asal Swedia itu.

Mengawali laga dengan sangat meyakinkan Rifqi sempat memimpin dalam perolehan poin 3-0, dan kemudian 5-3 di set pertama.

Namun, Leo Borg, yang merupakan putra petenis legendaris Bjorn Borg, berhasil menyamakan kedudukan bahkan memenangi set ini dengan 7-6 tie break 10.

Baca juga: Leo Borg juarai BNI-MedcoEnergi International Tennis M25K Seri II

Memasuki set kedua, permainan pemain tuan rumah terus membuat tegang penonton, yang setiap poinnya selalu tertinggal dari Borg hingga gim ke 11.

Momentum Rifqi mulai meningkat saat berhasil mamaksa Borg kembali bermain tie break dan membalas kekalahannya dengan skor 7-6 tie break 3, membuat laga harus diselesaikan dengan rubber set.

Memasuki set pamungkas, motivasi Rifqi kian meningkat, sebaliknya performa Borg justru terpuruk akibat gagal memenangi set keduanya.

Alhasil, petenis Indonesia yang menggawangi jajaran tim SEA Games Kamboja itu terus menekan untuk mendominasi laga dan menutupnya dengan kemenangan mudah 6-1.

Namun, langkah Rifqi melaju ke perempat final, gagal di ikuti seniornya Christopher Rungkat yang bertanding menghadapi Yanki Erel.

Baca juga: Christhopher Rungkat melaju ke babak kedua BNI-MedcoEnergi Seri III

Tampil dengan penuh dedikasi seperti saat menghadapi wakil Turki yang merupakan unggulan kedua, Rabu, dengan daya juang tinggi di set pertama Christo yang juga bermain rangkap di sektor ganda bersama Nathan Barki, harus takluk 4-6.

Tanpa kenal putus asa, kekalahan tersebut sempat direspons petenis berusia 33 tahun itu dengan lebih meningkatkan intensitas serangannya yang membuatnya unggul 5-4 di set kedua.

Namun, Erel, yang berperingkat 461 dunia, mampu mengantisipasi untuk menyamakan kedudukan 5-5, bahkan merebut dua gim tersisa, dan menutup laga dengan skor akhir 7-5.

Sementara itu, di sektor ganda laga tunda tuan rumah Indonesia gagal menempatkan satu wakilnya ke babak semifinal.

Baca juga: Ray Ho/Sun Fajing juarai BNI-Medco Energi International Tennis seri II

Christopher Rungkat/Nathan Barki yang turun menghadapi Francis Casey Alcantara/Pruchya Isaro gagal menanggulangi unggulan kedua tersebut dan terpaksa menyerah dengan dua set langsung.

Laga set pertama yang dilakoni kedua pasangan itu cukup berimbang hingga gim ke-12 terjadi skor sama kuat 6-6. Namun, ganda Filipina dan Thailand itu tampil lebih prima untuk memenangi set pertama dengan keunggulan 7-6 tie break 3.

Dominasi Alcantara dan Isaro terus bertahan di set kedua, yang mengantarkanny sukses menutup laga dengan skor akhir 6-3.

Selanjutnya, pada babak semifinal, Jumat, Francis Casey Alcantara/Pruchya Isaro akan bertemu Ray Ho/Somani Parikshit usai menghentikan perlawanan Naoki Tajima/Jake Delaney dengan rubber set.

Sementara, pada laga empat besar ganda putra lainnya akan saling berhadapan unggulan pertama pasangan Australia Brandon Walkin/Matthew Romios menghadapi Kelsey Stevenson/Blake Bayldon.

Baca juga: Rifqi Fitriadi kandas di final ITF M25 BNI-MedcoEnergi International

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023