"Car Free Night" Bandung berlangsung enam jam

Sejak pukul 21.00 WIB jalur tanpa kendaraan diberlakukan di Jalan Juanda hingga Jalan Merdeka Bandung, jalur yang sempat padat, sudah terbebas dan menjadi ajang warga Bandung berjalan-jalan menunggu detik pergantian tahun,"
Bandung (ANTARA News) - Pelaksanaan "car free night" atau jalur tanpa kendaraan pada malam Tahun Baru 2013 di Jalan Juanda Kota Bandung diberlakukan enam jam, sejak Senin pukul 21.00 WIB dan berlangsung hingga Selasa (1/1) dinihari pukul 03.00 WIB.

"Sejak pukul 21.00 WIB jalur tanpa kendaraan diberlakukan di Jalan Juanda hingga Jalan Merdeka Bandung, jalur yang sempat padat, sudah terbebas dan menjadi ajang warga Bandung berjalan-jalan menunggu detik pergantian tahun," kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Abdul Rahman Baso, di Bandung, Senin.

Suasana di sepanjang Jalan Juanda hingga Merdeka Bandung berubah menjadi lautan manusia.

Sebagian berjalan kaki, namun ada juga yang membawa sepeda, sepatu roda serta lainnya.

Cuaca di Kota Bandung hujan rintik-rintik yang turun sejak petang, yang berlangsung hingga malam hari.

Selain warga yang mengisi malam dengan jalan-jalan, juga dimanfaatkan oleh sebagian warga untuk berjualan.

Dua ratusan anggota Polisi dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan jalur tanpa kendaraan di malam pergantian tahun di Kota Kembang itu. Petugas dibantu oleh Ormas, Satpol PP dan Linmas untuk mengamankan jalur di kawasan itu.

"Arus lalu lintas di Kota Bandung terjadi peningkatan volume kendaraan, namun secara umum masih cukup lancar. Jalur Pasteur juga diarahkan semuanya ke Jalan Surapati," kata Kapolresta yang malam itu `berkantor` di Posko Polisi Jalan Cikapayang Bandung.

Sementara itu, pusat konsentrasi juga terjadi di Lapangan Gasibu yang merupakan kawasan `tradisi` warga Kota Kembang menyambut tahun baru pada setiap tahunnya.

(S033/A035)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar