Saya tidak berharap BoJ mengubah kebijakan moneternya kali ini, tetapi IHK Tokyo yang baru dirilis lebih tinggi dari yang diperkirakan....
Singapura (ANTARA) - Dolar AS berada di jalur untuk kerugian bulanan kedua berturut-turut pada Jumat pagi, di tengah meningkatnya ekspektasi bahwa Federal Reserve dapat segera mengakhiri siklus kenaikan suku bunga yang agresif, sementara yen stabil di dekat level tertinggi satu minggu jelang keputusan bank sentral yang penting.

Keputusan kebijakan moneter bank sentral Jepang (BoJ) pada Jumat menjadi pusat perhatian di Asia, di mana diperkirakan Gubernur BoJ baru Kazuo Ueda akan mempertahankan kebijakan moneter sangat longgar pada pertemuan kebijakan debutnya.

Fokus juga akan sesuai dengan nada Ueda, dengan investor sangat memperhatikan setiap perubahan dalam panduan ke depan.

Baca juga: Dolar AS sedikit menguat didorong prospek kenaikan suku bunga Fed

Menjelang keputusan tersebut, yen Jepang diperdagangkan 0,1 persen lebih tinggi pada 133,84 per dolar AS, dan juga naik lebih dari 0,1 persen terhadap pound Inggris.

"Saya tidak berharap BoJ mengubah kebijakan moneternya kali ini, tetapi IHK Tokyo yang baru dirilis lebih tinggi dari yang diperkirakan... Saya pikir ini memberi tekanan pada BoJ, mereka mungkin melakukan sesuatu dalam waktu dekat," kata Tina Teng, analis pasar di CMC Markets.

Harga konsumen inti di ibu kota Jepang, Tokyo, naik 3,5 persen pada April dari tahun sebelumnya, data pemerintah menunjukkan pada Jumat, mengalahkan perkiraan pasar sebagai tanda meluasnya tekanan inflasi di ekonomi terbesar ketiga di dunia itu.

Di pasar mata uang yang lebih luas, dolar AS merosot terhadap sebagian besar mata uang utama lainnya tetapi kerugiannya dibatasi oleh data yang menunjukkan inflasi masih kuat di ekonomi terbesar dunia itu, yang memperkuat ekspektasi untuk kenaikan suku bunga 25 basis poin pada pertemuan FOMC minggu depan.

Baca juga: Yuan terangkat 30 basis poin menjadi 6,9207 terhadap dolar AS

Terhadap sekeranjang mata uang, indeks dolar AS terakhir berdiri di 101,45 dan menuju kerugian bulanan lebih dari 1,0 persen, setelah jatuh sekitar 2,3 persen pada Maret.

Sterling tergelincir 0,06 persen menjadi 1,2492 dolar.

Data yang dirilis pada Kamis (27/4/2023) menunjukkan bahwa sementara pertumbuhan ekonomi AS melambat lebih dari yang diharapkan pada kuartal pertama, belanja konsumen, yang disertai dengan kenaikan inflasi, semakin cepat.

Ukuran inflasi dalam perekonomian, indeks harga untuk pembelian domestik bruto, naik pada laju 3,8 persen setelah naik pada tingkat 3,6 persen di kuartal keempat, sementara indeks harga inti PCE melonjak pada tingkat 4,9 persen setelah naik pada tingkat kecepatan 4,4 persen di kuartal sebelumnya.

"The Fed secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga lagi minggu depan tetapi dengan inflasi yang tetap kuat, kami perkirakan Fed akan tetap bertahan selama sisa tahun ini, memupuskan harapan perubahan kebijakan di (paruh kedua)," kata analis di Societe Generale.

Baca juga: Euro dekati puncak 1-tahun di Asia, saat risiko ekonomi AS tekan dolar

Di tempat lain, euro bertahan di dekat level tertinggi satu tahun baru-baru ini dan terakhir dibeli 1,1033 dolar, mengincar keuntungan bulanan mendekati 2,0 persen.

Mata uang bersama telah didukung oleh ekspektasi bahwa Bank Sentral Eropa masih memiliki lebih banyak hal untuk dilakukan dalam menaikkan suku bunga, berbeda dengan perkiraan dovish dari rekan AS-nya.

"Investor menyukai mata uang yang dapat menawarkan siklus pengetatan domestik yang sedang berlangsung dan masih ada ruang untuk kejutan hawkish pada pertemuan mendatang," kata analis ING. "Dalam hal itu, euro adalah salah satu dari sedikit mata uang yang dapat menawarkan kombinasi itu saat ini."

Sementara itu, dolar Australia naik 0,05 persen menjadi 0,66335 dolar AS, sedangkan kiwi naik 0,07 persen menjadi 0,61515 dolar AS.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023