"Gunung Lokon meletus dua kali pada Senin ini."
Bandung (ANTARA News) - Gunung Lokon di Tomohon, Sumawesi Utara, menjadi gunung api terakhir di Indonesia yang meletus jelang Tahun Baru 2012, kata Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Hendrasto.

"Gunung Lokon meletus dua kali pada Senin ini, sekaligus menjadi gunung api terakhir yang meletus pada 2012," ujarnya di Bandung, Senin (31/12).

Gunung api itu, kata Hendrasto, meletus pada pukul 16.36 WITA dan 16.46 WITA dengan lontaran debu berketinggian 2.000 meter berwarna kelabu tebal tertiup angin ke arah selatan.

Gunung Lokon berstatus siaga atau level III sejak 24 Juli 2011. Menurut Hendrasto, PVMBG memperkuat personil untuk melakukan pengamatan gunung api itu.

Di akhir tahun 2012, sebanyak lima gunung api berstatus siaga. Selain Gunung Lokon juga Gunung Rokatenda, Karangetang, Raung dan Gunung Ijen.

Adapun gunung api yang berstatus waspada atau level II yakni Gunung Ibu, Kerinci, Ili Lewotolo, Gamalama, Sangeangapi, Papandayan, Dukono, Sinabung, Marapi, Soputan, Bromo, Semeru, Krakatau, Talang dan Gamkonora. (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013