Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Max Verstappen menyatakan tidak memiliki target jangka panjang di Formula 1 dengan mengatakan "tidak tertarik" mengoleksi rekor gelar juara dunia.

Dikutip dari laman resmi F1, Jumat, pebalap asal Belanda itu mengatakan sudah merasa puas dengan pencapaiannya sejauh ini.

"Saya tidak tertarik untuk memenangkan tujuh atau delapan gelar juara. Jika kita memiliki mobil untuk melakukannya, maka, ya, bagus. Tetapi meskipun itu tidak (terjadi), saya senang. Saya bahkan sudah senang (dengan pencapaian saya selama ini), jadi tidak apa-apa!" ungkap Verstappen.

Verstappen melakukan debutnya di F1 pada 2015 saat berusia 17 tahun dan telah meraih 37 kemenangan, 22 pole position, 80 podium, dan dua gelar juara dunia hingga saat ini. Pada tahun ini, ia dan tim berupaya mempertahankan gelar yang dibuktikan dengan awal musim yang mengesankan.

Baca juga: Verstappen akui Alonso sebagai rival paling kompetitif di F1 2023

Adapun perpanjangan kontrak yang baru-baru ini ia tanda tangani akan membuat Verstappen bertahan di Red Bull setidaknya sampai akhir 2028, ketika dia akan berusia 30 tahun. Bos Tim Red Bull Christian Horner bahkan sudah memperkirakan Verstappen tidak akan menjadi "Fernando Alonso" dengan terus balapan hingga usia 40-an.

Salah satu kemungkinan yang akan diajukan ke Verstappen adalah istirahat atau cuti panjang dari F1, pilihan yang sama oleh Alonso beberapa tahun lalu.

"Sulit untuk mengatakan ketika kita tidak pernah istirahat, kan? Saya akan selalu berada di grid hingga akhir 2028. Saya masih sangat muda, tapi saya selalu mengatakan bahwa saya juga ingin mengikuti kompetisi lain seperti yang dilakukan Fernando (Alonso)," kata dia.

Menurut dia, meski istirahat dinilai sangat penting, tetapi memiliki jiwa kompetitif pun sama pentingnya. Ia mengatakan cukup tertarik untuk mencoba balapan di ajang atau kelas lain di luar Formula 1.

"Saya pikir setiap orang sedikit berbeda. Itu juga sedikit tergantung pada apa yang kita inginkan dari hidup. Beberapa orang suka balap dan itulah satu-satunya hal yang mereka tahu atau ingin lakukan. Saya mungkin sedikit lebih di tengah. Saya memang suka balapan, tapi saya juga ingin balapan jenis lain," ujar Verstappen.

Baca juga: Hamilton optimistis dengan pengembangan Mercedes W14
Baca juga: Alonso bersemangat hadapi Sprint di GP Azerbaijan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023