Beijing (ANTARA News) - Lapangan Tiananmen yang menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Beijing, dipadati para pelancong dari dalam dan luar negeri pada hari libur Tahun Baru, Selasa.

Untuk menandai hari pertama pada 2013, diadakan upacara penaikan bendera di salah satu sisi lapangan seluas 440.000 meter persegi itu, Selasa pagi

Sekitar 20.000 orang, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, berkumpul di lapangan yang membentang dengan panjang 880 meter dari selatan ke utara dan lebar 500 meter dari barat ke timur itu.

Liburan Tahun Baru 2013 di China berlangsung hingga 3 Januari mendatang. Upacara bendera rutin digelar menandai hari pertama tahun baru atau saat Hari Nasional China pada tanggal 1 Oktober.

Secara rutin pula akan dilakukan upacara penurunan bendara pada sore harinya.

Lapangan Tiananmen dikelilingi beberapa gedung penting pemerintahan seperti Balai Agung Rakyat atau "Great Hall Of The People" terletak di sebelah barat Lapangan Tiananmen.

Setiap lima tahun, Partai Komunis China bersidang di Balai Agung Rakyat itu.

Di sebelah timur Lapangan Tiananmen berdiri megah Gedung Museum Nasional China. Direncanakan di museum itu akan disimpan seluruh bukti perjalanan sejarah China.

Setiap hari hampir sekitar 2.000 - 3.000 orang memadati lapangan yang diapit Gerbang Qianmen di sebelah selatan dan Gerbang Tiananmen, lengkap dengan gambar besar Mao Zedong di sebelah utara.

Selain Tiananmen, masyarakat Beijing dan sejumlah masyarakat luar Beijing memadati sejumlah tempat wisata lainnya, seperti Kompleks Kota Terlarang dan Istana Musim Panas.

(R018/D007)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013