Bank pun berusaha untuk terus semakin relevan dengan kebutuhan nasabah dan dinamika bisnis
Jakarta (ANTARA) - PT Bank BTPN Syariah Tbk (kode saham: BTPS) membukukan laba bersih setelah pajak (NPAT) sebesar Rp425 miliar pada kuartal I-2023, naik dibandingkan periode yang sama pada tahun 2022 sebesar Rp411 miliar.

Direktur BTPN Syariah Fachmy Achmad mengatakan kinerja positif perbankan didukung oleh niat baik BTPN Syariah dalam menghadirkan inklusi keuangan di kalangan masyarakat Indonesia.

“Kami percaya masyarakat Indonesia dari berbagai segmen manapun berhak mendapatkan akses keuangan yang tepat serta akses yang lebih luas lagi untuk kehidupan yang lebih baik. Bank pun berusaha untuk terus semakin relevan dengan kebutuhan nasabah dan dinamika bisnis,” kata Fachmy dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Selain laba, total aset bank juga mengalami kenaikan menjadi Rp22,1 triliun dari yang sebelumnya Rp19,2 triliun pada kuartal I-2022.

Sementara itu, pembiayaan BTPN Syariah tumbuh sebesar 11,1 persen secara tahunan menjadi Rp11,8 triliun dari yang sebelumnya senilai Rp10,6 triliun.

Baca juga: BTPN Syariah tetapkan direktur dan komisaris independen baru

Pertumbuhan pembiayaan disertai dengan kualitas pembiayaan yang tetap sehat, tercermin pada rasio kredit bermasalah atau Non Performing Financing (NPF) yang masih berada di bawah ketentuan regulator.

Rasio kecukupan modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) perbankan juga masih berada di level yang kuat, yakni 51,7 persen. Capaian tersebut berada di atas ketentuan dan rata-rata industri perbankan syariah.

Adapun Dana Pihak Ketiga (DPK) terjaga di level yang efisien, yaitu senilai Rp12,8 triliun.

Dalam upaya mendukung kinerja perbankan, BTPN Syariah fokus melayani masyarakat inklusi melalui pembukaan akses keuangan, akses pengetahuan, dan akses lainnya.

Untuk akses keuangan, BPTN Syariah membuka layanan sentra di berbagai pelosok Indonesia dengan menempatkan para petugas lapangan. Saat ini, jumlah layanan sentra BTPN Syariah telah menjangkau 2.600 kecamatan di 23 provinsi di Indonesia.

Di sisi lain, BTPN Syariah juga memberikan akses pengetahuan melalui program pendampingan yang diberikan untuk bisa membangun empat perilaku unggul nasabah yakni Berani, Disiplin, Kerja Keras dan Saling Bantu (BDKS).

Sedangkan akses-akses lain yang disediakan oleh BTPN Syariah yaitu akses suplai barang dan akses pasar, misalnya melalui BTPN Syariah Ventura yang bersinergi dengan mitra-mitra strategis untuk membesarkan masyarakat inklusi.

Baca juga: BTPN Syariah: Inovasi ekosistem digital penuhi akses masyarakat

Baca juga: BTPN Syariah raih laba Rp1,78 triliun di 2022, terbaik dalam sejarah


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023