Jakarta (ANTARA) - Sebanyak tujuh negara siap bersaing dalam kejuaraan bulu tangkis beregu Polytron Superliga Junior 2023 akan digelar di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, pada 8-14 Mei 2023.

Indonesia, Singapura, Chinese Taipei, Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong dipastikan berkompetisi memperebutkan empat piala bergengsi dari dua kelompok usia U-17 dan U-19, baik putra dan putri.

Polytron Superliga Junior 2023 yang mengadaptasi format beregu Piala Thomas dan Uber itu akan mempertandingkan lima partai yang terdiri dari tiga tunggal dan dua ganda.

Pada kategori U-19, piala yang diperebutkan adalah Piala Liem Swie King untuk U-19 Putra, dan Piala Susy Susanti untuk U-19 Putri.

Sementara itu, di kategori U-17 piala yang diperebutkan ialah Piala Hariyanto Arbi untuk U-17 Putra, dan Piala Yuni Kartika untuk U-17 Putri.

Direktur Superliga Achmad Budiharto mengatakan diselenggarakannya kembali Polytron Superliga Junior tak lepas dari upaya untuk menempa mental serta mengasah kemampuan para atlet muda untuk mempersiapkan diri ke kejuaraan dengan skala yang lebih luas.

Mengusung tema “Future Champion,” kejuaraan tersebut juga bertujuan mengembangkan ekosistem bulutangkis dan menjadi wadah bagi para atlet muda yang kelak menjadi pahlawan bulu tangkis masa depan.

"Melalui Polytron Superliga Junior 2023 kami ingin memberikan kesempatan kepada para pemain muda kita untuk bertanding dalam format beregu. Karena untuk level junior tidak banyak kejuaraan dalam format beregu. Maka dari sini mereka bisa belajar dan meningkatkan kemampuan. Mudah-mudahan ini dapat memberikan manfaat sehingga ke depan badminton akan semakin berjaya," kata Achmad Budiharto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: PBSI incar tiga gelar juara dari Kejuaraan Badminton Asia 2023

Polytron Superliga Junior 2023 diikuti oleh 13 klub, yang tidak hanya berasal dari klub-klub nasional, tapi juga melibatkan para pebulu tangkis muda dari Benua Asia.

Pada kategori U-19, klub yang akan menurunkan atlet terbaiknya, antara lain PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya, Vietnam Team, PB Mutiara Cardinal Bandung, Tjakrindo Masters Sony Dwi Kuncoro Badminton Training, PB Power Rajawali, Daihatsu Yonex Sunrise Candra Wijaya Club, Chinese Taipei U-19, dan Singapore Team.

Sementara pada kategori U-17, terdapat tujuh klub yang akan bertanding yaitu PB Djarum Kudus, PB Jaya Raya, PB Mutiara Cardinal Bandung, Indihome Gideon Badminton Academy, Malaysia BAM (Malaysia), Banthongyord (Thailand), Hongkong Team, dan Singapore Team.

Commercial Director Polytron Tekno Wibowo mengatakan Polytron merasa bangga dapat menjadi bagian dari ekosistem dan dunia bulutangkis Tanah Air dengan mensponsori Superliga Junior 2023.

Sebagai perusahaan elektronik Indonesia, Polytron memiliki semangat yang sama dengan para atlet badminton yang berjuang demi mengharumkan nama bangsa di panggung dunia.

"Polytron memiliki perhatian dan kepedulian terhadap perkembangan olahraga Tanah Air, khususnya bulutangkis. Melalui Polytron Superliga Junior 2023, kami harap para peserta dapat memanfaatkan event ini bukan hanya sekadar menunjukkan siapa yang terbaik, tapi juga sebagai ajang mempererat persahabatan antar klub dan juga negara. Di samping itu turnamen ini dapat menjadi batu loncatan untuk menorehkan prestasi yang lebih besar lagi demi kejayaan badminton Indonesia," ujar Tekno Wibowo.

Polytron Superliga Junior 2023 menawarkan total hadiah lebih dari Rp1 milyar. Di kategori U-19 yang memperebutkan Piala Liem Swie King dan Piala Susy Susanti, masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp150 juta, Juara II Rp75 juta, dan Juara III bersama Rp40 juta.

Sedangkan di U-17 yang memperebutkan Piala Hariyanto Arbi dan Piala Yuni Kartika akan mendapatkan hadiah sebagai Juara I Rp100 juta, Juara II Rp50 juta, dan Juara III bersama Rp25 juta untuk masing-masing kategori.

Masyarakat dapat mengikuti pertandingan Polytron Superliga Junior 2023 di sejumlah kanal, seperti YouTube Usee Sports, Maxtream, dan aplikasi Indihome TV atau Usee Sports Indihome TV.

Baca juga: PBSI umumkan susunan pemain untuk Piala Sudirman 2023
Baca juga: PBSI optimistis formasi pebulu tangkis SEA Games tuai hasil positif


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023