...bukan sekedar persinggahan.
Bandung (ANTARA News) - Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dikunjungi 1,4 juta pengunjung sepanjang tahun 2012.

"Jumlah kunjungan wisata ke TWA Tangkuban Parahu terus meningkat dalam tiga tahun terakhir, pada 2012 pengunjung mencapai 1,4 juta orang," kata Direktur Utama PT Graha Rani Putra Persada (GRPP) Putra Kaban di Bandung, Rabu.

Selain itu juga terjadi peningkatan jumlah wisatawan mancanegara yang mencapai 20 ribu orang pada 2012, atau meningkat signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Wisatawan mancanegara selain dari Malaysia dan Singapura, peningkatan signifikan juga dari kalangan wisatawan China dan Korea.

"Peningkatan kunjungan wisatawan China dan Korea meningkat signifikan pada 2012, dan ke depan kami terus melakukan promosi ke negara lainnya bekerjasama dengan agen perjalanan," katanya.

Peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan TWA Gunung Tangkuban Parahu itu tidak lepas dari adanya penerbangan langsung ke luar negeri yakni ke Malaysia dan Singapura.

"Yang jelas dengan peningkatan kunjungan itu, TWA Gunung Tangkuban Parahu telah menjadi tujuan wisata, bukan sekedar persinggahan. Dan hasil survei pengunjung mendatangi lokasi itu karena alamnya dan kekhasan Tangkuban Parahu," kata Kaban.

Peningkatan infrastruktur dan kelengkapan lainnya, kata dia menjadi salah satu komitmen dari TWA Gunung Tangkuban Parahu. Pihaknya tetap mempertahankan keaslian dan kondisi alam di kawasan obyek wisata itu, termasuk meningkatkan manajemen pengelolaan kawasan wisata alam itu.

Terkait peningkatan manajemen pengelolaan kawasan wisata alam itu, kata Kaban dilakukan antara lain untuk mengatur kepadatan kendaraan dan pengunjung di kawasan obyek wisata alam itu, terutama pada akhir pekan dan liburan panjang.

"Pada liburan panjang ini, atau akhir pekan terjadi antrean kendaraan di sini. Kami melakukan manajemen pengelolaan transportasi di sana termasuk menutup portal bila terlalu padat," kata Putra Kaban.

Ia menyebutkan, kunjungan wisatawan pada akhir pekan rata-rata mencapai 7.000 hingga 8.000 pengunjung.

"Kecuali lebaran dan liburan Natal dan Tahun Baru 2013 ini, pengunjung yang masuk ke TWA Tangkuban Parahu mencapai 13.000," kata Putra Kaban menambahkan.
(S033)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013