Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 1.350 pemudik tiba di Pelabuhan Jayapura, Papua pada puncak arus balik dengan menggunakan  KM Sinabung, Sabtu (29/4).

Kepala Bagian Operasi PT Pelni Jayapura Ferdi Masengi di Jayapura, Sabtu, mengatakan KM Sinabung mengangkut penumpang dari Surabaya, Makassar, Baubau, Banggai, Bitung, Ternate, Bacan, Sorong, Manokwari dan Biak.

"Selanjutnya KM Sinabung langsung melakukan perjalanan menuju Surabaya tanpa membawa penumpang," katanya.

Dia menjelaskan selanjutnya  arus balik di Pelabuhan Jayapura PT Pelni tetap menyiapkan tiga kapal yakni KM Dobonsolo, KM Ciremai dan KM Gunung Dempo.

"KM Gunung Dempo akan tiba di Pelabuhan Jayapura pada 7 Mei 2023 dan KM Ciremai pada 8 Mei 2022 kemudian KM Dobonsolo pada 10 Mei 2023," ujarnya.

Dia menambahkan arus balik di Pelabuhan Jayapura diprediksi akan terjadi hingga 10 Mei 2023 namun tidak terjadi peningkatan penumpang secara signifikan.

"Kami berharap dengan tiga kapal yang disiapkan dapat mencakup seluruh  penumpang yang melakukan arus balik Lebaran di Pelabuhan Jayapura," katanya lagi.

Menurut Ferdi, Kementerian Perhubungan telah menunjukkan PT Pelni untuk mempersiapkan armada guna menunjang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada 10-11 Mei 2023 dan salah satu kapal yang ditunjuk ialah KM Sinabung.

Baca juga: Pelni Jayapura sebut arus balik lebaran tidak seramai Natal-tahun baru
Baca juga: Pelindo Jayapura alami lonjakan 1.500 kontainer saat PON Papua

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023