Bandung (ANTARA News) - Calon gubernur Jabar 2013 yang diusung oleh PDI Perjuangan menyanyikan sebuah lagu sunda ciptaan seniman pop sunda Doel Sumbang berjudul "Dong Dang 5", di Gedung New Majestic, Jalan Braga Kota Bandung, Rabu malam.

Meskipun bukan seorang penyanyi profesional, Rieke Diah Pitaloka yang mengenakan baju hitam bercorak kotak-kotak tampak luwes saat membawakan lagu tersebut, sambil diiringi oleh puluhan penari latar.

Para tamu undangan yang memadati Gedung New Majestic tampak menikmati penampilan Rieke tersebut dengan bernyanyi dan bersama.

Rieke menyanyi lagi tersebut, saat dirinya oleh para seniman pop sunda dalam acara "Malam Dong Dang 5" dan pada kesempatan tersebut ditayangkan video klip dari lagu tersebut.

Pencipta lagu "Dong Dang 5" Doel Sumbang mengatakan lirik lagu tersebut sesungguhnya merupakan curahan hati seorang Rieke Diah Pitaloka.

"Kami bertemu dengan tidak sengaja dan tidak direncanakan hingga akhirnya sepakat untuk membuat sebuah karya," ujarnya.

Rieke, lanjut Doel yang mengaku telah bertemu dengan semua calon peserta Pilgub Jabar 2013, adalah satu-satunya calon yang tidak membicarakan soal politik ketika bertemu.

"Ini sangat menarik sampai akhirnya saya yang pada awalnya berencana tidak akan terlibat dengan calon manapun menjadi tergerak untuk menuliskan lirik dan membuat melodi untuk lagu ini," katanya.

Mendapat dukungan dari musisi Doel Sumbang, Rieke menyatakan rasa terima kasihnya kepada seluruh komunitas pop sunda yang sudah menyelenggarakan acara ini.

"Saya diminta untuk menyanyikan sebuah lagu dan tidak menyangka akan dibuatkan acara seserius ini," katanya.

Ia menuturkan dirinya juga mendapatkan titipan pesan dari teman-teman untuk memberikan perhatian lebih kepada seniman dan budayawan yang selama ini sangat minim perhatian.

"Kebudayaan Jawa Barat dapat dan harus tumbuh sehingga para senimannya bisa mendapat penghidupan dari berkesenian tanpa rasa takut," ujarnya.

Jika seniman diberi ruang untuk berkarya, lanjut RDP maka pop sunda tidak hanya akan menjadi besar di rumahnya tapi juga di tingkat nasional.

Silaturahmi komunitas seniman pop sunda dan Rieke Diah Pitaloka ini dihadiri sesepuh dan ratusan seniman yang terdiri dari pencipta lagu, penyanyi, pemusik dan tokoh lainnya seperti Nining Maida, Rika Rafika, Rita Tila, Oni SOS, Glamor, Neo dBodors, Achi Padmo.
(KR-ASJ/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013