Jakarta (ANTARA) - Pebalap Charles Leclerc mengatakan podium yang ia raih dalam sesi kualifikasi dan Sprint Grand Prix Azerbaijan, akhir pekan ini, merupakan pencapaian penting bagi tim balap Ferrari.

Hal itu, sebut Leclerc dalam laman resmi Formula 1, Minggu, merupakan kerja sama tim yang sangat kuat sehingga akhirnya bisa bersaing sengit dengan tim balap Red Bull di Sirkuit Baku.

"Kami tidak dapat mengubah mobil (secara keseluruhan), jadi kami hanya bisa bekerja di sana-sini (untuk memperbaikinya). Dan memang, Red Bull masih unggul dalam balapan," ungkap sang pebalap Monako.

Adapun Leclerc berhasil meraih pole position pada sesi kualifikasi, dan finis sebagai runner-up di balapan Sprint pada GP Azerbaijan. Ini merupakan kebangkitan yang dinilai memukau, mengingat ia dan Ferrari mengalami banyak tantangan di tiga grand prix pertama F1 musim ini.

Pebalap yang baru saja merilis lagu tersebut pun memuji kemajuan signifikan di Ferrari. Meski terdapat tren positif, Leclerc mengatakan dirinya tidak mau berpuas diri terlebih dahulu, dan menargetkan untuk keluar sebagai juara pada GP Azerbaijan.

"Kami telah melakukan langkah maju. Kami masih belum berada di tempat yang kami inginkan (karena finis di posisi dua Sprint), tapi seperti yang saya katakan, jika menang tidak memungkinkan, maka kami hanya perlu mengambil poin maksimal," jelas Leclerc.

"Saya pun senang dengan finis di posisi kedua, dan kami akan mencoba meraih kemenangan (dari pole) untuk balapan utama, meskipun Red Bull tampaknya sedikit lebih cepat (dari Ferrari)," imbuhnya.

Disinggung mengenai potensinya untuk memenangkan balapan melawan tim Red Bull yang diisi oleh juara bertahan Max Verstappen dan Sergio Perez, Leclerc mengatakan dirinya hanya fokus untuk memberikan penampilan terbaiknya.

"Saya tidak tahu ekspektasi apa yang saya harapkan, mengingat saya tidak terlalu banyak bertarung (dengan) Checo (Perez) karena saya hanya ingin mencoba dan mempertahankan ban saya. Saya tahu ini adalah titik lemah kami," ungkapnya.

"Mari kita lihat apa yang mungkin diperbaiki besok, dan kami akan memberikan segalanya," tambahnya.

Baca juga: Russell sebut Mercedes telah beri peningkatan pada W14
Baca juga: Verstappen akui Alonso sebagai rival paling kompetitif di F1 2023
Baca juga: Show car milik Audi Formula 1 2026 akan ramaikan Auto Shanghai


 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023