Los Angeles (ANTARA News) - Saluran berita Al Jazeera yang berbasis di Qatar, Kamis ini membeli Current TV, saluran televisi kabel yang didirikan mantan wakil presiden AS Al Gore dan Joel Hyatt pada 2005.  Langkah ini disebut sebagai upaya Al Jazeera memperkuat basisnya di Amerika Serikat.

Akuisisi ini ditaksir bernilai 500 juta dolar AS, dan akan membuat stasiun televisi yang dikuasai Amir Qatar dan keluarganya ini kian dekat menantang saluran berita-saluran berita AS seperti CNN, MSNBC dan Fox.

Al Jazeera mengatakan akan membangun sebuah stasiun berita di AS dengan mengakuisisi Current TV yang membuatnya bisa dilanggani oleh lebih dari 40 juta keluarga AS.

Al Jazeera yang disaksikan 260 juta keluarga di seluruh dunia, masih menghadapi kendala di AS yang saat ini sekitar 60 sampai 100 juta keluarga di negeri ini menonton televisi kabel atau satelit.

Salah satu distributor Current TV, yaitu Time Warner Cable, menghentikan kerjasama dengan Current TV.

Current juga didistribusikan Comcast Corp dan DirecTV yang masing-masing memiliki 22,4 juta dan 19,8 juta pelanggan, serta masing-masing menguasai 5 persen saham Current.

Gore dan Hyatt tetap akan menjadi penasihat Current TV. "Kami bangga dan menyambut bahwa Al Jazeera, yang adalah organisasi berita bereputasi internasional, telah membeli Current TV,"  kata keduanya dalam pernyataan bersamanya.

"Al Jazeera, seperti halnya Current, percaya bahwa fakta dan kebenaran akan mengantarkan kepada pemahaman yang lebih baik tentang dunia sekitar kita," sambung keduanya seperti dikutip Reuters.  (*)


Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013