Jakarta (ANTARA) - Pebalap Ferrari Charles Leclerc mengaku kembali mendapatkan kepercayaan diri usai mengamankan podium pertamanya musim ini di Grand Prix Azerbaijan, akhir pekan lalu.

"Ketika saya melihat kembali akhir pekan kemarin, saya melihat kembali setiap sesi dan saya pikir kami benar-benar memaksimalkan segalanya di semua sesi, jadi kami harus merasa senang dengan capaian ini. Di sisi lain masih ada pekerjaan yang harus dilakukan (agar performa baik bisa terus dipertahankan)," kata Leclerc, dikutip dari laman resmi Formula 1, Senin.

Adapun Leclerc dinilai melakukan "comeback" memukau di Sirkuit Baku dengan merebut pole position di sesi kualifikasi, meraih gelar runner-up di balapan sprint, dan finis di posisi ketiga pada GP Azerbaijan. Pencapaiannya itu membuatnya mendapatkan 22 poin tambahan dan naik ke urutan keenam di klasemen pebalap.

"Saya di sini untuk menang dan jelas (posisi) kedua, ketiga, bukan yang saya inginkan. Tapi, mengingat tiga balapan pertama yang kami jalani -- yang hanya mencetak enam poin dalam tiga balapan, akhir pekan ini lebih baik," ujar pebalap Monako itu.

Baca juga: Leclerc sebut podium di GP Azerbaijan penting bagi Ferrari

Leclerc menilai, pesaing terbesar untuk musim ini adalah Red Bull dan Aston Martin yang menurutnya memiliki mobil dan kecepatan yang lebih baik dari Ferrari. Sehingga, lanjutnya, timnya perlu membuat langkah maju yang signifikan agar dapat memberikan penampilan terbaik sepanjang musim.

"Saya pikir Aston Martin dan Red Bull lebih cepat dari kami dan memiliki mobil yang lebih baik dari kami dalam kecepatan balapan, dan di situlah kami perlu membuat langkah maju terbesar," katanya.

Di sisi lain, rekan satu timnya, Carlos Sainz, berhasil masuk ke lima besar GP Azerbaijan di depan Lewis Hamilton (Mercedes). Meski demikian, Sainz tak ingin berpuas diri dan berharap tim balapnya bisa mengembangkan mobil dengan lebih baik.

"Kami sekarang akan fokus pada apa yang terjadi. Kami akhirnya akan memiliki sedikit waktu untuk tenang dan menganalisis apa yang bisa terjadi, dan saya yakin di (putaran) Miami kami akan kembali ke performa terbaik," ujar Sainz.

"Saya pikir kami telah mengekstraksi performa dari mobil, tapi jika kita melihat secara detail kecepatan balapan kami, dibandingkan dengan Aston Martin dan Red Bull, mereka masih memiliki kecepatan balapan yang relatif jauh lebih baik dibandingkan dengan kami," imbuhnya.

Sementara itu, Ferrari kini menduduki pertingkat keempat dalam klasemen konstruktor.

Baca juga: Leclerc raih pole GP Azerbaijan untuk tahun ketiga secara beruntun
Baca juga: Leclerc sebut Ferrari perlu persiapan matang jelang GP Azerbaijan

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023