London (ANTARA News) - Arab Saudi telah memberikan dukungan jet-jet tempurnya untuk membantu Amerika Serikat melakukan serangan-serangan pesawat tak berawak terhadap target Al Qaida di Yaman, kata London Times Jumat.

Pesawat-pesawat tak berawak AS mendukung pasukan Yaman memerangi gerilyawan Al Qaida di Semenanjung Arab (AQAP).

Kelompok cabang Yaman dianggap oleh Washington menjadi waralaba yang paling aktif dan paling mematikan dalam jaringan jihad global.

The Times mengutip sumber intelijen AS yang mengatakan bahwa "beberapa yang disebut misi pesawat tak berawak sebenarnya misi Angkatan Udara Saudi".

Serangan-serangan pesawat tak berawak AS di Yaman hampir tiga kali lipat pada tahun 2012 dibandingkan dengan 2011, menurut "think tank" Bew America Foundation yang berbasis di Washington, dan untuk pertama kalinya mencapai lebih dari di Pakistan tahun lalu.

Satu serangan baru pesawat tak berawak AS pada Kamis menewaskan tiga tersangka Al Qaeda di kota Rada di Al-Bayda provinsi tengah Yaman, situs baru serangan sejenis, kata sumber-sumber suku.

AQAP mengambil keuntungan dari kelemahan pemerintah pusat Yaman selama pemberontakan tahun 2011 melawan pemerintah yang kini digulingkan Presiden Ali Abdullah Saleh, dan menyita sebagian besar wilayah di selatan.

Tetapi setelah serangan selama sebulan diluncurkan pada Mei tahun lalu oleh pasukan Yaman, kelompok gerilyawan sebagian melarikan diri ke daerah padang pasir yang lebih kacau di timur.

(H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013