Festival Pulau Karampuang digelar Pemerintah Provinsi Sulbar agar ekonomi masyarakat dapat tumbuh
Mamuju, Sulbar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik  menyatakan Festival Pulau Karampuang yang digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) di Kabupaten Mamuju untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat.

"Festival Pulau Karampuang digelar Pemerintah Provinsi Sulbar agar ekonomi masyarakat dapat tumbuh," katanya di Mamuju, Senin (1/5/2023)

Ia mengatakan pada Festival Pulau Karampuang yang digelar di Mamuju itu digelar dengan sejumlah kegiatan di antaranya jambore wisata bahari Pulau Karampuang.

Selain itu dilaksanakan acara tour sepeda dan keliling Pulau Karampuang, kejuaraan dayung serta, seleksi pekan olahraga pelajar.

Kemudian, juga tari tradisional, peragaan busana, dan marawis rebana serta dimeriahkan dengan hiburan artis Ibu Kota Beniqno, dan Erie Suzan.

"Festival Pulau Karampuang menjadi upaya Pemprov Sulbar membangkitkan kepariwisataan di Mamuju serta perekonomian di Pulau Karampuang, dan di wilayah Sulbar," katanya.

Pada pelaksanaan Festival Pulau Karampuang dilaksanakan penandatanganan prasasti oleh penjabat Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi dan jajaran Forkopimda Sulbar.

Gubernur Sulbar mengatakan, sebelum digelarnya Festival Pulau Karampuang telah dibangun sebanyak 12 unit usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) kerja sama Pemprov Sulbar dengan Korem TNI 142 Taroada Taragau di Mamuju.

Ia berharap sejumlah fasilitas seperti sarana listrik dan tempat sampah terus dibenahi di Pulau Karampuang agar festival itu dapat terus digelar dua kali dalam setahun.

Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi, mengaku bahagia dan mendukung pemerintah Sulbar mengadakan festival pulau Karampuang karena akan memajukan ekonomi daerah Mamuju.

"Sektor wisata di Mamuju akan semakin tumbuh, karena Pulau Karampuang akan semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Tanah Air dengan festival ini," katanya.

Baca juga: Gubernur: Pembangunan Plaza Karampuang untuk bangkitkan wisata Sulbar

Baca juga: Festival Perahu Sandeq Sulbar singgahi dua pulau di Selat Makassar

Baca juga: Menpora nilai Festival Sandeq layak dicontoh daerah lain

Baca juga: Sulbar berkomitmen bangun homestay di setiap tempat wisata

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023