Roma (ANTARA News) - Warga Iran yang bersepeda keliling dunia dengan membawa pesan perlindungan lingkungan hidup, Yavar Samadi tiba di Roma pada Kamis, setelah mengayuh sepedanya sejauh 9.000 kilometer di Eropa.

Setibanya di Roma, Yavar Samadi, menyampaikan pesan perdamaian, persahabatan dan perlindungan lingkungan hidup dari rakyat dan Pemerintah Iran kepada rakyat dan pemerintah Italia.

Peseda tersebut memulai perjalanannya 105 hari lalu dari Provinsi Ardabil, Iran barat laut. Italia adalah negara Eropa ke-14 yang telah dikunjungi Samadi, demikian laporan kantor berita Iran, IRNA

Pesepeda itu sudah melewati 13 negara, melalui Republik Azerbaijan, Georgia, Rusia dan Estonia lalu menuju Swedia dari Finlandia, Denmark, Jerman, Belanda, Belgia, Swiss, Prancis, Spanyol dan tiba di Italia.

Dari Roma, ia akan pergi ke India, Bangldesh, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina dan mengakhiri perjalanannya di Jepang.

Ia mengayuh sepeda rata-rata 160 sampai 180 kilometer per hari, dan bersepeda sendirian selama 45 hari. Ia memasang tenda untuk istirahat pada malam hari.

Samadi (46) dilahirkan di Ardabil. Ia adalah seorang pelatih karate selain menjadi pesepeda.

Ia mendaftarkan rekor pertamanya pada 2009 dengan bersepeda sejauh 6.000 kilometer dan melewati 18 provinsi di Iran.

Selama 37 hari, ia menyampaikan slogan "kota yang aman dengan keikut-sertaan warga" kepada warga semua provinsi Iran.

Pada Sabtu (15/12), ia tiba di Madrid dan menyampaikan pesan perdamaian, persahabatan serta perlindungan lingkungan hidup dari rakyat serta pemerintah Iran kepada rakyat dan pemerintah Spanyol.

Ia menyampaikan kesediaan Teheran untuk bekerja sama dengan Madrid dalam melindungi lingkungan hidup.

Ia bertemu dengan Direktur Jenderal Organisasi Lalu Lintas Kota Spanyol Francisco Javier Roybo dan Direktur Jenderal Perlindungan Lingkungan Hidup Ibu Kota Spanyol, Madrid, Martha Alunso Ancheolo.

(C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013