Uji kendaraan sebaiknya di tempat khusus

Uji kendaraan sebaiknya di tempat khusus

Mobil listrik Tucuxi yang dikemudikan Dahlan Iskan menjadi tontonan masyarakat di tempat kejadian perkara kecelakaan lalu lintas di kawasan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu (5/1). (ANTARA)

"Peraturan dan izin menggunakan jalan umum untuk ujicoba kendaraan harus ditegakkan."
Jakarta (ANTARA News) - Uji kendaraan temuan baru, seperti yang dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, sebaiknya dilakukan di tempat yang khusus sehingga aspek keamanan lebih terjamin, kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi dan Hubungan Masyarakat, Heru Lelono.

"Sebaiknya uji coba segala inovasi teknologi dilakukan di tempat dan cara yang khusus, seperti penemuan obat atau makanan pun biasanya diuji coba di laboratorium sebelum lulus berbagai tes untuk dipasarkan," demikian Heru dalam pesan singkat melalui telepon selular kepada ANTARA News di Jakarta, Minggu.

Heru menilai, peristiwa kecelakaan yang terjadi saat uji mobil listrik Tucuxi milik Dahlan Iskan pada Sabtu (5/1) hendaknya dapat diambil sebagai pelajaran mengenai pentingnya standar baku proses uji kendaraan, sehingga akan mendorong pengembangan inovasi itu lebih lanjut.

"Sepengetahuan saya, uji coba penemuan teknologi kendaraan baru, seperti mobil di negara manapun oleh pencipta dan produsennya dilakukan di fasilitas ujicoba khusus, dan bukan di jalan umum," ujarrnya.

Heru bersyukur Dahlan Iskan tidak mengalami cedera apapun dalam musibah itu, demikian pula masyarakat lainnya, namun khawatir bila kejadian serupa terjadi di daerah yang ramai sehingga bisa menimbulkan korban jiwa.

"Peraturan dan izin menggunakan jalan umum untuk ujicoba kendaraan harus ditegakkan dengan kuat. Apalagi, jalur yang cukup sulit dan rawan, seperti jalur Magetan-Tawangmangu. Bukan membatasi usaha pengembangan inovasi teknologi, namun semata untuk menjaga keselamatan publik. Kita bersyukur Pak Dahlan Iskan dan penumpang lainnya selamat dari musibah," catatnya menambahkan.

Dahlan Iskan menguji mobil listrik Tucuxi miliknya dengan menempuh perjalanan jarak jauh dari Solo menuju Surabaya, dan mengalami kecelakaan di Plaosan, Magetan. Tucuxi mengalami rusak berat, namun Dahlan selamat dan mampu melakukan aktivitas seperti biasa.

Tucuxi yang dikemudikan Dahlan Iskan itu senilai sekitar Rp1,5 miliar. Dalam tes pengendaraan dari Solo menuju Surabaya, Dahlan melintasi Tawangmangu, Karanganyar-Cemorosewu, Magetan dengan medan tanjakan dan turunan di ketinggian sekitar 1.305 meter di atas permukaan air laut.

Tucuxi tersebut rancangan Danet Suryatama yang dikerjakan rumah bengkel modifikasi Kupu-Kupu Malam di Yogyakarta pada 2012. Mobil Tucuxi mempunyai kemampuan setara dengan mobil berbahan bakar BBM kapasitas 3.500 cc.
(T.P008)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar