"Bagaimana orang lain bisa yakin, kalau saya sendiri kurang yakin?"
Jombang (ANTARA News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan pada pekan depan akan menjelaskan semua kondisi, termasuk rem, mobil listrik Tucuxi miliknya yang mengalami kecelakaan di kawasan Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu (5/1).

"Nanti saya jelaskan," katanya kepada wartawan saat datang ke rumah budayawan Emha Ainun Nadjib (Cak Nun) di Desa Menturo, Kecamatan Sumbito, Kabupaten Jombang, Minggu.

Ia menolak lebih lanjut ketika dikonfirmasi tentang dugaan sejumlah pihak bahwa ada peralatan yang diubah, termasuk rem Tucuxi.

Mantan Direktur Utama PT PLN (Persero) itu mengatakan, sudah menyiapkan semuanya dan akan menjelaskan pada pekan depan tentang penyebab kecelakaan tersebut.

Pendiri kelompok bisnis multimedia Jawa Pos National Network (JPNN) itu mengatakan, sebelum mobil itu diluncurkan ke pasar, maka dirinya harus merasa yakin dulu, sehingga ikut mengendarainya.

Ia mengemukakan, sudah mencoba mengemudikan mobil seharga Rp1,5 miliar, bila diproduksi secara massal, tersebut dan akan menempuh perjalanan sampai 1.000 kilometer.

"Saya harus mengetahui dulu kekurangannya. Bagaimana orang lain bisa yakin, kalau saya sendiri kurang yakin? Saya pun bisa tahu kekurangannya," kata Dahlan.

Tucuxi tersebut merupakan rancangan Danet Suryatama yang dikerjakan rumah bengkel modifikasi Kupu Kupu Malam di Yogyakarta pada 2012. Mobil Tucuxi mempunyai kemampuan setara dengan mobil berbahan bakar BBM kapasitas 3.500 CC.

Danet Suryatama dalam kesempatan terpisah menyatakan, penyebab rem tidak berfungsi secara baik karena mobil Tucuxi buatannya itu telah dibongkar dan diubah dari kondisi semula oleh pihak lain.

Pihaknya telah melakukan observasi dari sejumlah foto, baik sebelum pembongkaran maupun setelahnya, dan ternyata ada penggantian electric vacuum pump, yang biasa digunakan untuk memperoleh tenaga penghisap bagi rem booster, dengan peralatan yang tidak diketahui kinerjanya.

Sampai saat ini Tucuxi milik Dahlan Iskan masih diamankan di Kepolisian Resor (Polres) Magetan, Jawa Timur, dalam kondisi rusak parah.

Dahlan Iskan terlihat sehat, sekalipun mengaku tubuhnya agak sakit akibat kecelakaan tersebut, dan akan memeriksakan diri ke Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga Surabaya bertemu dengan dokter tulang.
(T.KR-MSW)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013