Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) dan Bank of Korea menyepakati kerja sama untuk mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara menjadi salah satu berita ekonomi Selasa (2/5) yang banyak dibaca.

Di samping itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Mendag) menegaskan, secara nasional harga barang kebutuhan pokok terpantau stabil dan pasokan terjaga, termasuk di wilayah Jayapura, Papua, pascaIdul Fitri 1444 Hijriah juga menjadi berita yang cukup populer.

Berikut berita-berita ekonomi terpopuler kemarin yang masih layak disimak, selengkapnya:
 

Bank Indonesia dan Bank of Korea kerja sama penggunaan mata uang lokal

Bank Indonesia (BI) dan Bank of Korea menyepakati kerja sama untuk mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara dalam transaksi bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan.

"Kesepakatan ini akan mendorong penggunaan mata uang lokal masing-masing negara dalam transaksi bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan seperti transaksi berjalan, investasi langsung, dan transaksi ekonomi dan keuangan lainnya," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam keterangan resmi yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

  Mendag sebut harga kebutuhan pokok secara nasional stabil

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Mendag) menegaskan, secara nasional harga barang kebutuhan pokok terpantau stabil dan pasokan terjaga, termasuk di wilayah Jayapura, Papua, pascaIdul Fitri 1444 Hijriah.

"Di Jayapura, harga barang kebutuhan pokok stabil. Memang sebagian barang kebutuhan pokok, seperti bawang lebih mahal karena didatangkan dari Jawa," ujar Zulkifli melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

  Kemenhub siapkan KM Sinabung jadi akomodasi terapung selama KTT ASEAN

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menugaskan kepada PT Pelni (Persero) untuk mengoperasikan Kapal Motor (KM) Sinabung sebagai akomodasi terapung mendukung penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Arif Toha dalam keterangannya di Jakarta, Selasa mengatakan KM Sinabung rencananya akan sandar di Dermaga Waterfront Labuan Bajo pada 7 sampai dengan 12 Mei 2023 dan akan diprioritaskan untuk menampung tamu asing yang terdiri dari wartawan/media asing yang tidak mendapatkan akomodasi di Labuan Bajo.

  BPS catat pergerakan masyarakat selama Lebaran capai 26,3 juta

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pergerakan masyarakat selama periode Lebaran 2023 mencapai 26,3 juta pergerakan atau naik sebesar 45 persen dibandingkan dengan periode Lebaran 2022.

Pergerakan penumpang tersebut terlihat dari pergerakan selama arus mudik (H-8 hingga H2 Lebaran) serta arus balik (H2 hingga H+8 Lebaran).

  Kemnaker sebut UU Cipta Kerja dirancang guna lindungi hak para pekerja

Sekretaris Ditjen PHI dan Jamsos Kementerian Tenaga Kerja(Kemnaker) RI, Surya Lukita menyebutkan bahwa revisi Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang dirilis Maret lalu pada dasarnya dirancang guna melindungi serta memenuhi hak-hak para pekerja.

Surya Lukita mengatakan perancangan UU tersebut, didasari pada tiga aspek utama, pertama perlindungan terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan mencari lapangan pekerjaan. Melalui UU Cipta Kerja, pemerintah berupaya meningkatkan investasi dalam maupun luar negeri agar mampu tercipta lebih banyak lapangan pekerjaan di Indonesia.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023