Jambi (ANTARA) -
Universitas Jambi (Unja) membuka kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengunjungi negara Jerman dan mencari pengalaman kerja dengan gaji puluhan juta selama 3 bulan melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Ferienjob.
 
Kegiatan selama 3 bulan tersebut dirangkum sebagai kegiatan “Ferienjob Programme in Germany”, yaitu program untuk mahasiswa Unja mengunjungi Jerman dan mencari pengalaman kerja selama 3 bulan, selama kegiatan tersebut berlangsung mahasiswa akan diliburkan dari kegiatan akademik di kampus serta direkognisi dalam kegiatan MBKM.
 
Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Prof Rayandra Asyhar di Jambi, Rabu, mengatakan program tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar baru bagi mahasiswa.

Program ini berlangsung mulai September sampai November 2023.
 
“Ferienjob di Jerman ini semacam bekerja sambil liburan. Program ini akan memberikan pengalaman belajar baru bagi mahasiswa, belajar tinggal di tempat dengan atmosfer, budaya, dan kebiasaan yang berbeda sehingga mengasah kemampuan beradaptasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi," kata dia.
 
Melalui program ini, mahasiswa juga mendapatkan sertifikat sebagai pendamping ijazah bahkan bisa direkognisi dalam kurikulum. Program tersebut sejalan dengan program Unja saat ini utamanya student achievement, academic reputation, dan relevant in work graduation, ujarnya.
 
Kepala UPT Layanan Internasional (UPT-LI) Unja Sri Wachyunni menjelaskan bahwa kegiatan tersebut difasilitasi oleh tiga UPT dan akan mencari mahasiswa yang benar-benar siap dari segala aspek.
 
Unja akan merekomendasikan mahasiswa yang benar-benar siap baik dari segi bahasa, kesehatan, maupun mental, karena magang ini akan dilaksanakan di negara yang berbeda budaya, bahasa, dan iklim, tambahnya.
 
Unja menerapkan berbagai persyaratan bagi mahasiswa yang mengikuti program tersebut yaitu, mahasiswa aktif semester 5 sampai dengan 8, semua jurusan dari D3, S1, S2 dan S3, harus dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
 
Dalam mengikuti program tersebut mahasiswa mendapatkan keuntungan yakni gaji hingga Rp30 juta, sertifikat kerja dari Jerman, pengalaman kebudayaan dan kehidupan di Jerman., katanya.

Mahasiswa yang mengikuti program ini akan ditempatkan di beberapa perusahaan global ternama di Jerman.

Pendaftaran program ini akan berakhir pada 10 Mei 2023, tambahnya.

Baca juga: Unja siap terima 10 mahasiswa internasional dari ASEAN

Baca juga: Unja dan UL Slovenia kolaborasi riset transformasi digital pemerintah

Baca juga: Unja-Universitas di Belanda, Prancis, dan Slovenia jalin kerja sama

 

Pewarta: Tuyani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023