Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan akses telekomunikasi dan jaringan internet berkualitas untuk menunjang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN.

Penyediaan sarana itu bekerja sama dengan penyelenggara layanan telekomunikasi, terutama PT. Telkom Indonesia

“Kami terus menyiapkan kualitas jaringan internet yang mencukupi sebagai kebutuhan siaran selama perhelatan berlangsung, termasuk jaringan seluler maupun fixed network-nya agar bandwidth yang cukup, sehingga upload dan download data nanti bisa dilakukan dengan baik dan memadai," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate di Kantor Network Operation Center PT. Telkom Indonesia, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (3/5).

Baca juga: Menkominfo pastikan infrastuktur digital KTT ke-42 ASEAN memadai

Menurut Johnny melalui rilis persnya yang diterima di Jakarta, Kemenkominfo dan PT Telkom Indonesia juga menyiapkan jaringan back-up guna menjamin jaringan internet tetap optimal selama KTT ke-42 ASEAN berlangsung.

“Sudah hampir lengkap atau sebentar lagi rampung 100 persen siap. (Jaringan Sistem Komunkasi Kabel Laut) perlu kita perhatikan betul-betul agar ASEAN ke-42 berjalan lancar dan masyarakat kita mendapat manfaatnya,” kata dia.

Selain pemantauan yang dilakukan dari NOC PT. Telkom Indonesia di Manggarai Barat, Kemenkominfo juga menyiagakan Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika yang ada di Surabaya, Denpasar, Mataram, dan Kupang.

Baca juga: Moeldoko ajak media tonjolkan posisi Indonesia dalam Keketuaan ASEAN

Balai tersebut mengawasi spektrum frekuensi selama penyelenggaraan KTT ASEAN. PT. Telkom pun sudah menyiapkan pemantauan agar tidak terjadi interference spektrum frekuensi.

"Saya berharap tentu melalui Network Operation Center di sini bisa melakukan monitoring dengan baik,” ujar dia.

Senada dengan Johnny, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan jaringan telekomunikasi yang optimal merupakan jantung kesuksesan KTT ASEAN.

"Publik sekarang menunggu dengan seksama apa yang dihasilkan dari KTT ini dan itu bisa dikirim teman-teman media ke publik sebagai bridging (jembatan), maka kuncinya ada di sini (kualitas jaringan operator)," ucapnya.

Baca juga: Menkominfo: Kesuksesan KTT Ke-42 ASEAN perlu dukungan masyarakat

Berkaca dari penyelenggaraan KTT G20, Moeldoko menyatakan sejauh ini semua persiapan layanan telekomunikasi berjalan dengan baik.

Kunjungan Menkominfo ke Kantor NOC Labuan Bajo, Manggarai Barat merupakan rangkaian kegiatan untuk memantau dan memastikan kesiapan infrastruktur digital dan layanan media selama KTT ke-42 ASEAN.

Dalam kunjungan itu hadir pula Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Usman Kansong, CITO PT. Telkom Indonesia Erlan Widjanarko, serta Ketua Gugus Kerja ASEAN Summit PT. Telkom Indonesia Syaifudin.

Baca juga: Menkominfo harap media sebarluaskan manfaat KTT ASEAN

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023