Angka inflasi dan hasil Survei Pinjaman Bank terbaru ECB memperkuat kasus penurunan menjadi 25 basis poin,
Frankfurt (ANTARA) - Bank Sentral Eropa (ECB) akan menaikkan suku bunga untuk pertemuan ketujuh berturut-turut pada Kamis, karena pertarungan panjang melawan inflasi yang membandel berlanjut, dengan hanya ukuran langkah yang masih terbuka untuk diperdebatkan.

Bank sentral untuk 20 negara zona euro itu telah menaikkan suku bunga dengan rekor 350 basis poin sejak Juli dengan harapan menghentikan pertumbuhan harga-harga yang tak terkendali. Tetapi mengembalikan inflasi ke target 2,0 persen masih bertahun-tahun lagi, membuat pembuat kebijakan tidak punya pilihan selain memperketat kebijakan lagi bulan ini dan seterusnya.

Pergerakan 25 basis poin, perlambatan setelah tiga kenaikan 50 basis poin berturut-turut, tampaknya merupakan hasil yang paling mungkin, meskipun peningkatan yang lebih besar masih merupakan kemungkinan yang hampir pasti bukan akhir dari siklus pengetatan bersejarah.

Baca juga: Yen jatuh ke terendah 15 tahun vs euro karena BoJ kontras dengan ECB

Penentu bisa menjadi kompromi di antara pembuat kebijakan tentang sinyal apa yang harus dikirim tentang kenaikan di masa depan.

Konservatif hawkish yang memegang mayoritas di Dewan Gubernur, condong ke arah peningkatan yang lebih besar.

Tetapi mereka telah memberi isyarat bahwa mereka dapat berkompromi pada langkah yang lebih kecil selama ECB menunjukkan bahwa Mei bukanlah akhir dari kenaikannya, bahkan jika beberapa rekan - terutama Federal Reserve AS - mungkin mencapai puncak suku bunga mereka sendiri.

Masalah lainnya adalah seberapa besar keinginan mayoritas Ketua ECB Christine Lagarde untuk mendukung keputusan tersebut.

Banyak hawkish bisa hidup dengan langkah yang lebih kecil mengingat panduan yang tepat tetapi rekan dovish mereka cenderung menyuarakan perbedaan pendapat keras jika kenaikan lebih besar, meninggalkan ECB sekali lagi berbicara dengan banyak suara, dipandang sebagai kelemahan selama bertahun-tahun.

Bagian dari kompromi bisa berupa kesepakatan untuk mengakhiri reinvestasi dari Juli atas utang jatuh tempo yang dibeli di bawah Program Pembelian Aset 3,2 triliun euro ECB - sebuah langkah sederhana yang akan semakin menyusutkan neraca bank yang membengkak, bahkan jika dampak inflasi akan kecil.

Pasar melihat peluang 80 persen untuk kenaikan 25 basis poin sementara sebagian besar ekonom yang disurvei oleh Reuters juga bertaruh pada kenaikan yang lebih kecil.

Mendukung kemungkinan penurunan ECB, Federal Reserve AS menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada Rabu (3/5/2023) dan mengisyaratkan akan menghentikan kenaikan lebih lanjut.

Fundamental ekonomi memberikan banyak umpan untuk kedua sisi argumen.

Mendukung kasus untuk pergerakan yang lebih kecil, ekonomi zona euro hampir tidak tumbuh pada kuartal terakhir dan angka pinjaman menunjukkan penurunan terbesar dalam permintaan kredit dalam lebih dari satu dekade, menunjukkan kenaikan suku bunga di masa lalu mulai mempengaruhi perekonomian.

Baca juga: Federal Reserve AS naikkan suku bunga sebesar 25 basis poin

Jika diperas dengan keras, penurunan kredit ini dapat berubah menjadi krisis kredit yang parah, membebani pertumbuhan yang hampir tidak berada di wilayah positif sejak awal.

Pada 3,0 persen, suku bunga simpanan ECB sudah membatasi aktivitas ekonomi, dan inflasi dasar juga berhenti meningkat - setidaknya untuk saat ini.

"Angka inflasi dan hasil Survei Pinjaman Bank terbaru ECB memperkuat kasus penurunan menjadi 25 basis poin," kata BNP Paribas dalam sebuah catatan. "Pada saat yang sama, data hari ini juga menggarisbawahi bahwa suku bunga harus naik lebih jauh – kami menegaskan ekspektasi suku bunga terminal 3,75 persen."

Hawkish berpendapat bahwa pertumbuhan harga yang mendasarinya masih terlalu tinggi dan menunjukkan bahwa inflasi dapat berada di atas target ECB kecuali jika bank tersebut bertindak lebih agresif.

Baca juga: Dolar pertahankan kerugian setelah Fed naikkan suku bunga, sinyal jeda

Mereka mengatakan risiko ini diperburuk oleh pasar tenaga kerja yang ketat, terutama karena pertumbuhan upah lebih cepat dari yang diperkirakan dan tingkat pengangguran telah turun ke level terendah sepanjang masa meskipun lingkungan hampir resesi.

"Survei bisnis menunjukkan peningkatan dalam pertumbuhan, berpotensi memperburuk pengetatan pasar tenaga kerja, sementara tingkat suku bunga kebijakan hanya 1 persen poin di atas perkiraan kami yang netral," kata ekonom JPMorgan, Greg Fuzesi, memprediksi langkah 50 basis poin.

ECB akan mengumumkan keputusan kebijakannya pada pukul 12.15 GMT dan Lagarde akan mengadakan konferensi pers pada pukul 12.45 GMT.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023