Jakarta (ANTARA) - Pelatih Manchester City Pep Guardiola memuji Erling Haaland sebagai seorang pemain sepak bola yang spesial.

Pujian ini diberikan Pep ketika striker itu baru saja memecahkan rekor pencetak gol terbanyak Liga Inggris dalam satu musim mengalahkan rekor Alan Shearer dan Andy Cole yang masing-masing memiliki torehan 34 gol.

Rekor ini pecah setelah Haaland menyumbang satu gol dalam kemenangan 3-0 Man City atas West Ham United di Etihad Stadium pada Kamis dini hari WIB.

“Erling adalah striker spesial. Ya, kami sangat senang untuknya. Dia adalah pemain yang menyenangkan untuk diajak bekerja dan kami senang bersamanya,” kata Pep, dilansir dari laman resmi klub.

“Dia telah mengalahkan striker top yang luar biasa, Shearer dan Cole. Ini spesial,” tambahnya.

Baca juga: Haaland pecahkan rekor gol terbanyak di Liga Inggris dalam satu musim

Di Liga Inggris yang masih menyisakan lima pertandingan untuk The Citizens, Haaland telah mencetak 35 gol dan melewati rekor 34 gol Cole pada musim 1993/1994 dan rekor Shearer dengan jumlah gol yang sama pada musim 1994/1995.

Mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu juga menyebut Haaland adalah pemain yang spesial karena mampu mencetak gol di berbagai situasi.

“Ketika anda memberinya peluang, dia mencetak gol di semua situasi,” kata Pep.

“Penalti. Crossing. Kombinasi. Transisi. Dia bisa melakukan banyak hal,” lanjutnya.

Menurutnya, kemampuan tersebut menjadikan striker asal Norwegianya itu mencetak banyak gol.

“Itulah mengapa dia mencetak banyak gol,” kata Pep.

Sejak didatangkan dari Borussia Dortmund dengan mahar 51,2 juta poundsterling, Haaland telah menjalani 45 pertandingan bersama klub di semua kompetisi. Striker 22 tahun itu telah mencetak 51 gol yang terdiri dari 35 gol di Liga Inggris, 12 gol di Liga Champions, tiga gol di FA Cup, dan satu gol di Carabao Cup.

Baca juga: Klopp senang timnya raih lima kemenangan berturut-turut
Baca juga: Guardiola menjadi pelatih Liga Inggris tercepat yang raih 1.000 gol


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023