... film itu menantang dan sangat bagus disaksikan... "
Palembang (ANTARA News) - Film Gending Sriwijaya produksi pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tayang perdana di salah satu bioskop di Palembang, Selasa. Film yang menceritakan tentang kerajaan Kedatuan Bukit Jerai.

Film yang disutradarai Hanung Bramantyo itu antara lain dibintangi Julia Perez yang berperan sebagai Malini, Sahrul Gunawan (Purnama Kelana), Agus Koncoro (Sru Dija), Mathias Muchus (Ki Gobleg), Slamet Rahardjo (Mahawangsa) dan Jajang C Noor (Ratu Kalimanyang) serta Anwar Fuady (Sabri).

Film yang berdurasi lebih dari satu jam itu kebanyakan mengambil lokasi di Jakarta serta Kabupaten Lahat, Sumsel.

Menurut Bramantyo, film tersebut dibuat secara kolosal sehingga banyak mengikutsertakan pemain lokal. Film tersebut tidak lain untuk mempromosikan pariwisata di Sumsel

Oleh karena itu film tersebut banyak mengambil lokasi di Lahat karena di kabupaten tersebut terdapat Bukit Jempol atau Bukit Serelo.

Gubernur Sumatera Selatan, H Alex Noerdin, mengatakan, film ini mengangkat suatu pemimpin yang dicintai masyarakat. Jadi bila pemimpin jujur maka merekalah yang menjadi pemenang dalam perebutan kekuasan tersebut, kata gubernur.

Sementara Perez mengatakan, pihaknya sebelumnya ditawari untuk main film tersebut.

Namun, ujar dia, setelah melihat isi cerita pihaknya setuju karena adengannya sangat menantang. Dalam medukung film tersebut supaya sukses dirinya belajar bahas daerah yakni Lahat selama satu bulan, kata dia.

"Pokoknya film itu menantang dan sangat bagus disaksikan," kata dia.

(U005)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013