Beijing (ANTARA) - Menteri Luar Negeri China Qin Gang meyakinkan Rusia dan India mengenai hubungan bilateral yang semakin erat dengan menjanjikan bahwa "kordinasi dan kerja sama" bakal semakin kuat saja. Pernyataan ini disampaikan untuk menunjukkan solidaritas antara dua negara tetangga terbesar China itu.

Qin pada Kamis waktu setempat di India bertemu dengan pata menteri luar negeri Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) yang beranggotakan sebagian besar negara-negara Eurasia.

China berusaha mempertahankan hubungan stabil dengan negara-negara di kawasan itu ketika saat bersamaan hubungan dengan Barat, khususnya Amerika Serikat, tetap tegang.

Amerika Serikat sejak lama mendesak China agar membantu menyelesaikan perang  Ukraina, meskipun pemerintah China tak mau mengutuk tindakan militer Rusia itu sebagai invasi.

Pekan lalu, Presiden China Xi Jinping untuk pertama kalinya berbicara langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sejak Rusia mengerahkan pasukannya ke Ukraina.

Baca juga: China, India dan Pakistan evakuasi warganya dari Sudan

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di sela-sela pertemuan SCO, Qin menyatakan China "ingin menjaga komunikasi dan koordinasi dengan Rusia agar memberikan sumbangsih nyata untuk solusi politik untuk krisis di Ukraina."

Berdasarkan keterangan dari Kementerian Luar Negeri China pada Jumat, kedua belah pihak setuju untuk memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan negara-negara anggota SCO lainnya dan mempertahankan "persatuan" blok tersebut.

Mereka juga sepakat memperkuat koordinasi di Asia Pasifik.

Anggota SCO adalah Rusia, India, China, Pakistan, dan empat negara Asia Tengah, yaitu Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Iran dan Belarus diperkirakan akan disahkan sebagai anggota SCO dalam konferensi tingkat tinggi di New Delhi pada Juli mendatang, kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri India.

Baca juga: CCTV kecam pemberitaan Barat soal jumlah penduduk China disalip India

Dalam pertemuan terpisah dengan Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar, Qin menyampaikan keinginan China mempererat "koordinasi dan kerja sama" dengan India dalam masalah-masalah internasional dan kawasan serta mengembalikan hubungan antara kedua negara "sehat" kembali.

Hubungan China dengan India memburuk sejak 2020 ketika pasukannya bentrok di perbatasan Himalaya yang disengketakan untuk menewaskan 24 orang.

Bulan lalu, pemerintah China mengeluarkan peta yang menunjukkan Arunachal Pradesh, yang diklaim India, sebagai bagian wilayah Tibet sehingga membuat marah pemerintah India.

Qin berkata  kepada Jaishankar bahwa situasi di perbatasan "secara umum stabil"

"Kita harus mengambil hikmah dan pelajaran dari sejarah, saling menghormati, saling belajar, dan meraih kesuksesan bersama," kata Qin kepada Jaishankar.

Baca juga: IMF naikkan prakiraan pertumbuhan ekonomi Asia karena pemulihan China

Sumber: Reuters

Penerjemah: Raka Adji
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023