Tahun lalu pemerintah meluncurkan ETM. Sebagai bagian dari persiapan peraturan untuk ETM, pemerintah juga menyiapkan dukungan fiskal yang sekarang sedang disusun....
Jakarta (ANTARA) - Direktur Keuangan dan Investasi PT Sarana Multi Infrastruktur Sylvi J Gani mengatakan, pemerintah sedang  merancang dukungan fiskal untuk proyek energi hijau (green project) yang direalisasikan oleh perusahaan.

Dukungan tersebut termasuk dalam upaya pemerintah menjalankan program mekanisme transisi energi atau Energy Transition Mechanism (ETM).

“Tahun lalu pemerintah meluncurkan ETM. Sebagai bagian dari persiapan peraturan untuk ETM, pemerintah juga menyiapkan dukungan fiskal yang sekarang sedang disusun. Saya kira sekarang adalah dukungan fiskal yang diberikan oleh pemerintah selama ini untuk mendorong investasi dalam proyek energi hijau,” kata Sylvi di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Dubes Belanda tegaskan dukungan pembangunan ekonomi hijau Indonesia

ETM adalah program peningkatan pembangunan infrastruktur energi dan percepatan transisi energi menuju emisi nol bersih atau Net Zero Emission.

Selain itu, pemerintah juga tengah mempersiapkan mekanisme bantuan fiskal yang akan digelontorkan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dengan sistem konservasi hutan.

Pemerintah pusat akan memberikan bantuan fiskal khusus kepada pemerintah daerah yang memiliki proyek konservasi hutan.

“Kami juga sedang berdiskusi sekarang untuk menyiapkan semacam mekanisme transfer fiskal dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah, Berdasarkan kinerja pemerintah daerah, adalah untuk melestarikan hutan, jadi siapa yang melestarikan hutan, semakin besar yang bisa mereka dapatkan transfer fiskal dari pemerintah,” katanya.

Baca juga: Kadin: Indonesia maksimalkan sukuk hijau guna wujudkan green financing

Rancangan bantuan fiskal dari pemerintah merupakan salah satu upaya untuk mendorong sistem keuangan yang berkelanjutan untuk memenuhi 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB atau 17 UN Sustainable Development Goals (SDGs).

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023