Yang kita tunggu terobosan-terobosan untuk meningkatkan sinergi antarpengusaha se-ASEAN.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Kadin Sarman Simanjorang mengungkapkan, melalui penyelenggaraan KTT ASEAN pada 9-10 Mei 2023 di Labuan Bajo, NTT mampu memperkuat kerja sama di negara-negara kawasan ASEAN sehingga menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia.

“Kita harapkan dengan KTT ASEAN ini, paling penting adalah bagaimana kerja sama di negara ASEAN semakin diperkuat, karena kita ingin menjadikan kawasan ASEAN sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia,” ujar Sarman saat ditemui di kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Jakarta, Jumat.

Sarman melanjutkan, dengan jumlah populasi penduduk negara-negara di kawasan ASEAN yang tinggi, ia pun berharap para kepala negara mampu merumuskan kolaborasi dan kerja sama yang tepat antar pengusaha-pengusaha di kawasan tersebut.

“Kita berharap bahwa kepala negara se-ASEAN mampu merumuskan kolaborasi dan kerja sama antara pengusaha-pengusaha se-ASEAN, sehingga kita harapkan kekuatan ekonomi ASEAN semakin kuat dan menjadi diperhitungkan di kancah global,” katanya pula.

Dengan pertemuan para kepala negara ini, ujar dia lagi, akan memunculkan gagasan-gagasan yang kemudian difinalkan dalam kesepakatan melalui pertemuan selanjutnya.

“Yang kita tunggu terobosan-terobosan untuk meningkatkan sinergi antarpengusaha se-ASEAN,” ujarnya lagi.

Hingga kini, Indonesia tengah mempersiapkan KTT ke-42 ASEAN Tahun 2023 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyatakan kesiapan ini mencapai 90 persen.

Sedangkan 10 persen persiapan lainnya, kata Setya, akan dilakukan mendekati agenda puncak KTT ASEAN yang berlangsung pada 10 dan 11 Mei 2023.
Baca juga: Kemensetneg harap KTT ASEAN sukses substansi dan penyelenggaraan
Baca juga: Persiapan KTT ASEAN di Labuan Bajo sudah mencapai 90 persen


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023