Saya yakin penghargaan ini akan menginspirasi Polisi Wanita Indonesia untuk memperkuat peran dan kapasitas mereka dalam kepolisian
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mendapat penghargaan dari Association of Women Police(IAWP) tahun 2023 atas dedikasi-nya mendorong kemajuan perempuan dalam kepolisian.

“Congratulations to our IAWP Awards 2023 He for She recipient, Listyo Sigit Prabowo of Indonesian National Polic(Selamat atas penghargaan IAWP 2023 kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo),” tulis pengumuman resmi IAWP, Jumat, yang dibagikan oleh Divisi Humas Polri pada hari yang sama.

Disampaikan bahwa penghargaan tersebut diberikan karena Jenderal Listyo Sigit dipandang telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mempromosikan dan memajukan perempuan di kepolisian.

Pengumuman penghargaan itu dibagikan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit di akun Twitter resminya, bertepatan di hari ulang tahunnya ke-54 tanggal 5 Mei.

Mendapat penghargaan tersebut, Kapolri Jenderal Listyo menyampaikan terima kasihnya kepada IAWP atas apresiasi yang dipercayakan kepada dirinya.

Baca juga: Komisi III DPR: Mutasi 704 personel Polri wujudkan kesetaraan gender

Baca juga: Kompolnas mengapresiasi upaya Kapolri dorong kesetaraan gender


"Terima kasih dan penghargaan tertinggi saya kepada IAWP dan semua pihak, karena telah memberi saya IAWP Award 2023 He for She. Merupakan suatu kehormatan bagi saya dan INP (Indonesian National Police/Polri),” ujar Sigit.

Jenderal bintang empat itu juga menyampaikan bahwa penghargaan tersebut akan menginspirasi seluruh Polwan untuk memperkuat perannya.

"Saya yakin penghargaan ini akan menginspirasi Polisi Wanita Indonesia untuk memperkuat peran dan kapasitas mereka dalam kepolisian," ujar Sigit.

Rencananya, penghargaan tersebut akan diberikan kepada Kapolri pada tanggal 17 September 2023. Penghargaan tersebut diberikan bertepatan dengan momentum penyelenggaraan kegiatan IAWP ke-60 di Selandia Baru.

Sebagaimana di ketahui pada November 2021, Polri menjadi tuan penyelenggaraan Konferensi ke-58 IAWP di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) 6-11 November.

Baca juga: Menanti kesetaraan gender di Polri

Dalam kesempatan itu, saat membuka kegiatan konferensi, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa Polri memberikan ruang kepada para Polwan untuk mendapat kesetaraan gender.

Jenderal bintang empat itu akan terus memperjuangkan kesetaraan gender dan karir Polwan di Korps Bhayangkara, untuk menjadi anggota kepolisian, termasuk berpeluang menempati jabatan strategis.

Menurut Sigit, pemberian ruang ini lantaran sosok Polwan memiliki peran dan kontribusi yang luar biasa bagi organisasi Polri khususnya dalam mendukung reformasi kultural menjadi polisi yang lebih humanis dan dekat dengan masyarakat.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023