Tangan manusia mengandung 39.000 bakteri

Tangan manusia mengandung 39.000 bakteri

Sejumlah siswa kelas 1 mencuci tangan mereka ketika mengikuti program Fit For School di SDN Margadadi VI, Indramayu, Jawa Barat, Senin (15/10). Program Fit For School dapat memberikan edukasi mengenai kesehatan kepada masyarakat khususnya anak-anak sehingga terhindar dari berbagai penyakit menular. (FOTO ANTARA/Dedhez Anggara)

... berbagai kuman penyakit dapat ditularkan melalui tangan... "
Jakarta (ANTARA News) - Jangan anggap remeh tangan Anda; karena ternyata menjadi "rumah" bagi sekitar 39.000 bakteri. "Tangan adalah salah satu pintu masuk segala penyakit," menurut Ketua Himpunan Perawat Pengendalian Infeksi Indonesia, Costy Pandjaitan. 

"Menjaga kebersihan tangan menjadi salah satu pertahanan awal untuk menjaga kesehatan, karena berbagai kuman penyakit dapat ditularkan melalui tangan," ujar Pandjaitan pada jumpa pers di Jakarta, Kamis. 

Berdasarkan data WHO, tangan mengandung bakteri sebanyak 39.000-460.000 CFU per sentimeter kubik, yang berpotensi tinggi menyebabkan penyakit infeksi menular. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kompartemen Umum dan Humas PERSI, Dr Robert Imam Sutedja, mengatakan, kuman menyerupai manusia yang dapat berkembang biak dan berevolusi sehingga membentuk koloni-koloni. 

"Langkah mudah, cepat, sederhana dan murah untuk mencegah penyebaran dan perkembangan kuman adalah mencuci tangan dengan menggunakan sabun secara teratur," ujar Robert. 

Lebih lanjut, Sutedja mengemukakan, riset menunjukkan cuci tangan memakai sabun dapat mencegah penularan ataupun penyakit infeksi menular seperti diare hingga 50 persen, dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga 45 persen. 

"Oleh sebab itu, cucilah tangan sebelum dan sesudah makan, saat keluar dari kamar mandi, dan setelah dari lokasi umum," imbuh Robert. 

(M048)

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Pentingnya mencuci tangan pakai sabun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar