“Saya sangat mengapresiasi langkah praktis dan komitmen Pemerintah Kota Surakarta Bapak Walikota Gibran, yang telah memberi perhatian dan mengakomodir para mitra deradikalisasi, terutama di Yayasan Gema Salam dan forum-forum anak muda lain,"
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel mengapresiasi komitmen Pemerintah Kota Surakarta, untuk melibatkan mitra deradikalisasi atau mantan narapidana terorisme (napiter) dalam mereduksi masyarakat yang pernah terpapar ideologi kekerasan.

“Saya sangat mengapresiasi langkah praktis dan komitmen Pemerintah Kota Surakarta Bapak Walikota Gibran, yang telah memberi perhatian dan mengakomodir para mitra deradikalisasi, terutama di Yayasan Gema Salam dan forum-forum anak muda lain," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Mantan Kabaintelkam Polri ini menambahkan bahwa perhatian dan dukungan terhadap mitra deradikalisasi seperti Yayasan Gema Salam ini menjadi salah satu kunci keberhasilan deradikalisasi.

Deradikalisasi kata dia, tidak hanya untuk menyembuhkan ideologi kekerasan, tapi juga menyelamatkan masa depan mitra deradikalisasi, dalam hal ini adalah kesejahteraan hidup.

"angkah Pemerintah Kota Surakarta sangat memberikan dampak positif yang besar kepada mitra deradikalisasi dan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Menurutnya pemberdayaan mitra deradikalisasi menjadi langkah praktis untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian mereka. Untuk itu, BNPT RI hadir untuk memberikan dukungan penuh kepada Yayasan Gema Salam.

“Kami hadir disini bertugas mewujudkan cita-cita melindungi segenap tumpah darah Indonesia, meningkatkan kesejahteraan dan membangun Indonesia” katanya menegaskan.

Hal itu disampaikan Kepala BNPT dalam safari Halal Bihalal Idul Fitri dan Dialog Kebangsaan dengan Mitra Deradikalisasi di Solo Raya yang tergabung dalam Yayasan Gema Salam.

Lebih jauh, Rycko menambahkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan mitra deradikalisasi di wilayah Solo Raya, BNPT dan instansi daerah akan bersinergi dan membantu penyelesaian masalah atau kendala yang dihadapi Yayasan Gema Salam dan mitra deradikalisasi lainnya.

“Gema Salam merupakan wadah silaturahmi dan saling berbagi, wadah melipatkan kualitas kehidupan. Saya berharap seluruh pihak yang bermitra dengan yayasan ini dapat menerima dan memberikan manfaat,” harapnya.

Selain itu, dalam momentum halal bihalal ini, Kepala BNPT menyampaikan bahwa momen yang sangat baik dalam rangka memaafkan dan menguatkan hubungan dengan seluruh masyarakat. Ia juga para mitra deradikalisasi tentang pentingnya toleransi dan menghargai di Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Sementara perwakilan mitra deradikalisasi, Priyatmo berharap momen ini dapat menjadi transformasi yang baik bagi kesejahteraan mitra deradikalisasi dan keberlangsungan Yayasan Gema Salam.

“Saya berharap yayasan dapat lebih profesional dan menjadi wadah bagi mantan napiter dalam menjalin silaturahmi serta meningkatkan taraf ekonomi mitra deradikalisasi dan masyarakat,” harapnya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023