Kegiatan tersebut akan berlangsung pada 8-11 Mei 2023 dengan jumlah uang yang rencananya didistribusikan sebanyak Rp3,2 miliar,
Banjarmasin (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan menggulirkan inovasi layanan kas "Ekspedisi Rupiah Susur Sungai" untuk menyediakan uang rupiah layak edar bagi masyarakat.

"Kegiatan tersebut akan berlangsung pada 8-11 Mei 2023 dengan jumlah uang yang rencananya didistribusikan sebanyak Rp3,2 miliar," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Kalsel, Wahyu Pratomo di Banjarmasin, Senin.

Wahyu mengungkapkan Kantor Perwakilan BI Kalsel menyusuri sungai di wilayah Kabupaten Barito Kuala hingga Kabupaten Kapuas. Sedangkan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah menyusuri sungai dari Palangkaraya hingga Kabupaten Kapuas.

Baca juga: BI Bali bekali cinta, bangga dan paham rupiah kepada guru penggerak

Selain kegiatan penyediaan uang layak edar, Wahyu menyebutkan Ekspedisi Rupiah Susur Sungai turut menghadirkan layanan kas keliling, edukasi "cinta bangga paham" Rupiah dan program bantuan sosial dedikasi untuk negeri Program Sosial Bank Indonesia (PBSI) berupa bantuan sarana dan prasarana pendidikan kepada SDN Sungai Punggu 2 dan SDN Sungai Seluang.

"Tujuan PSBI ini, agar dapat memberikan dukungan peningkatan kualitas pendidikan setempat," tutur Wahyu.

Wahyu menuturkan acara puncak Ekspedisi Rupiah Susur Sungai dilaksanakan pada 10 Mei 2023 di Pelabuhan Danau Mare Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Wahyu menjelaskan acara tersebut akan mempertemukan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Tengah yang juga disertai kegiatan layanan kas keliling dan edukasi cinta bangga paham rupiah.

"Kegiatan ekspedisi ini menjadi momen berharga untuk menghadirkan Bank Indonesia hingga ke berbagai pelosok negeri," ungkap Wahyu.

Baca juga: BI bersama TNI AL distribusi uang Rupiah ke daerah 3T di Sultra

Wahyu menegaskan Bank Indonesia senantiasa memastikan ketersediaan uang rupiah berkualitas dan layak edar untuk mendukung kelancaran aktivitas perekonomian, serta memperkuat koordinasi antar Kementerian/Lembaga untuk memastikan uang rupiah beredar dengan kualitas terjaga di seluruh wilayah NKRI.

Ekspedisi Rupiah Susur Sungai menggunakan transportasi sungai dengan menyusuri masyarakat sepanjang pesisir sungai.

Pewarta: Imam Hanafi/arianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023