Xining (ANTARA) - Antelop-antelop Tibet yang sedang hamil memulai migrasi tahunan mereka menuju pusat Cagar Alam Nasional Hoh Xil di China barat laut, tempat antelop-antelop itu melahirkan anak mereka, kata kantor pengelola cagar alam tersebut pada Senin (8/5).

Migrasi tahunan antelop Tibet kali ini dimulai sembilan hari lebih awal dibandingkan tahun lalu. Sejak 26 April, lebih dari 270 ekor antelop memulai perjalanan mereka.

Wu Xiaomin, seorang pakar perlindungan spesies ini, mengaitkan alasan di balik migrasi tahunan yang lebih awal tersebut dengan pertumbuhan populasi antelop yang stabil, kecenderungan pergerakan spesies itu untuk menyebar dan semakin dekat dengan stasiun-stasiun pengamatan, serta perubahan iklim selama bertahun-tahun.

Berada di bawah perlindungan negara kelas satu di China, mayoritas spesies yang sempat berstatus terancam punah itu ditemukan di Daerah Otonom Tibet, Provinsi Qinghai, dan Daerah Otonom Uighur Xinjiang di China. Spesies tersebut memainkan peran utama dalam menjaga keseimbangan ekologis di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet. 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023