Terutama di bidang perdagangan, investasi dan ekonomi.."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan, kunjungan Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner ke Indonesia menjadi momentum dan peluang bagi kedua negera untuk meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang.

"Kunjungan di awal tahun ini sangat penting, seperti kita ketahui Argentina adalah salah satu negara utama di Amerika Latin. Jadi seperti kita ketahui banyak peluang di berbagai bidang," katanya di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Senin.

Hal ini dikatakannya terkait rencana kunjungan Presiden Argentina ke Indonesia selama dua hari. Presiden Kirchner direncanakan tiba pada 16 Januari mendatang.

Menurut dia, sebagai sesama negara anggota G-20, keduanya memiliki kekuatan ekonomi yang penting secara global. Peningkatan kerja sama kedua belah pihak akan memberikan kontribusi yang penting.

"Terutama di bidang perdagangan, investasi dan ekonomi secara keseluruhan," katanya.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Marty juga mengungkapkan rencana kunjungan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe setelah terpilih kembali ke Indonesia pada 18 Januari mendatang. Kunjungan ini menurut dia juga penting bagi kedua negara.

"Patut dicatat adanya hubungan strategis antara Indonesia dan Jepang itu pertama kali ditetapkan pada tahun 2007, ketika pada saat itu PM Abe juga sedang menjadi PM," katanya.

Sehingga dengan kunjungan tersebut, menurut dia, dapat dikaji seberapa jauh, hubungan investasi, perdagangan dan politik antara kedua negara sebagai mitra startegis telah dicapai.

(M041)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013