... La Nyalla Mattalitti dan kawan-kawan diundang pada rapat Komisi Eksekutif PSSI didasarkan hasil keputusan kongres di Palangka Raya... "
Jakarta (ANTARA News) - La Nyalla Mattalitti dan kawan-kawan yang saat ini membentuk PSSI versi KLB Ancol, diundang mengikuti rapat Komite Eksekutif PSSI di bawah pimpinan Djohar Husin yang rencananya digelar 28 Januari.

Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, di Jakarta, Senin mengatakan, La Nyalla Mattalitti dan kawan-kawan diundang pada rapat Komisi Eksekutif PSSI didasarkan hasil keputusan kongres di Palangka Raya, 10 Desember 2012.

"Ini sesuai keputusan Kongres Palangka Raya. Untuk agenda rapat dan pengiriman undangan akan disesuaikan," katanya, di Kantor PSSI Senayan Jakarta

Menurut dia, Kongres PSSI di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, ini dihadiri 86 pemilik suara sah PSSI yang 56 di antaranya adalah pemilik suara pada KLB Solo 2011 lalu.

La Nyalla Mattalitti dan kawan-kawan yaitu Tony Aprilani, Roberto Rouw dan Erwin Dwi Budiawan adalah anggota Komisi Eksekutif PSSI hasil KLB Solo. Hanya saja keempat orang ini dinonaktifkan Komite Etik PSSI dari jabatannya.

Setelah dinonaktifkan, keempat orang ini bersama dengan Forum Pengprov membentuk Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) dan menjadi cikal bakal terbentuknya PSSI versi KLB Ancol yang diketuai La Nyalla Mattalitti.

Pemunculan PSSI baru membuat otoritas sepak bola Asia yaitu AFC turun campur dan memanggil kedua federasi yaitu PSSI di bawah pimpinan Husin dan PSSI versi KLB Ancol (KPSI). Hasilnya keempat anggota Komisi Eksekutif yang disanksi harus kembali ke PSSI hasil KLB Solo.

Selain pengembalian empat anggota Komisi Eksekutif, hasil kesepakatan yang harus dijalani diantaranya adalah penyatuan liga dalam hal ini Indonesia Super League (ISL) dan Indonesia Premier League (IPL) serta revisi statuta.

"Untuk revisi statuta sudah disetujui Komisi Eksekutif. Setelah itu akan kami kirimkan ke AFC dan FIFA. Kami akan menunggu masukannya," kata Mahfudz menegaskan.

CEO Halma Strategic itu menambahkan, menegaskan untuk masalah penyatuan liga, PSSI telah memberikan kesempatan bagi klub yang bertanding diluar kompetisi resmi (ISL) untuk kembali hingga 9 Januari. Hanya saja tidak ada satupun klub yang melakukan registrasi.

Dengan tidak adanya klub ISL yang melakukan registrasi atau kembali di bawah yuridiksi PSSI, pihaknya menyerahkan kebijakatan selanjutnya kepada kepada Komisi Eksekutif PSSI.

(M019)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013