Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan rencana kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Estonia terkait upaya akselerasi penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

"Estonia ini salah satu negara dengan pelayanan digital terbaik dan kami minggu depan akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dan kerja sama," kata Azwar Anas usai bertemu dengan Duta Besar Republik Estonia untuk Republik Indonesia Priit Turk di Jakarta, Rabu.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, Anas menyampaikan kerja sama dengan negara Eropa utara itu menjadi langkah penting untuk menerapkan transformasi digital pemerintahan di Indonesia yang memiliki wilayah luas, penduduk banyak, serta keragaman latar belakang sosial masyarakat.

Baca juga: Kementerian PAN-RB dan Kemendikbudristek bersinergi percepat SPBE

Hal-hal tersebut, lanjutnya, menjadi tantangan bagi Pemerintah Indonesia untuk menciptakan sistem layanan digital yang mempermudah masyarakat mengakses layanan publik.

"Wilayah Indonesia ini sangat luas dan jumlah penduduknya besar, sehingga diperlukan sistem pemerintahan digital agar layanan kepada masyarakat lebih efisien dan lebih cepat," tambahnya.

Dengan demikian, Anas berharap kerja sama dengan Pemerintah Estonia itu dapat menjadi langkah percepatan penerapan SPBE dan digitalisasi pemerintahan.

Dikutip dari laman e-estonia.com, Estonia menerapkan pemerintahan digital sejak 1997. Sejak saat itu, Estonia telah menciptakan program berbasis digital yang diluncurkan dari tahun ke tahun, seperti e-Tax, X-Road, I-Voting, Digital ID, dan e-Health.

Baca juga: Estonia mungkin beli jet tempur F-16 dan kirim ke Ukraina

Diketahui pula salah satu inovasi unggulan dari Estonia adalah e-Residency yang dikenalkan sejak 2014 untuk membuka peluang bagi penduduk dunia memiliki kependudukan Estonia.

Dalam pertemuan itu, Duta Besar Priit Turk menyambut baik rencana kerja sama tersebut. Bagi dia, pengalaman Estonia yang sukses menerapkan digitalisasi pemerintahan bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dia berharap program digital Estonia dapat memberi contoh bagi Pemerintah Indonesia sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang heterogen di Tanah Air.

"Saya sangat tertarik untuk melihat ambisiusnya Indonesia dengan populasi yang besar ingin menerapkan pemerintahan digital, Estonia bisa menjadi pilot," ujar Priit Turk.

Baca juga: MenPAN-RB: Penataan tenaga non-ASN hindari PHK massal

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023