Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) telah melakukan survei untuk mencari tahu karakteristik kebutuhan jalur bagi pejalan kaki maupun pesepeda
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta tengah mendesain ulang pedestrian di Simpang Santa, Jakarta Selatan, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada pejalan kaki dan pesepeda yang melintas di kawasan itu.

"Nanti (pedestrian) di Simpang Santa yang akan kita desain ulang (redesign)," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo  di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Syafrin menyampaikan, Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) telah melakukan survei untuk mencari tahu karakteristik kebutuhan jalur bagi pejalan kaki maupun pesepeda.
 
"Terakhir tanggal 7 Mei teman-teman dari ITDP sudah melakukan survei terkait karakteristik lalu lintas karena kita melakukan survei sebelumnya di 28 April, kemudian tanggal 3 Mei dan tanggal 7 Mei. Setelah mendapat karakteristik secara utuh itu kemudian yang sekarang dilakukan analisis data dan didesain terkait dengan kebutuhan pejalan kaki dan pesepeda," jelas Syafrin.
 
Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta masyarakat untuk sabar menunggu hasil akhir evaluasi kawasan lampu merah Santa atau Simpang Jalan Wijaya I-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Suryo, Jakarta Selatan.
 
"Saya harap masyarakat bisa bersabar saja dulu, dinas terkait lagi kerja (jalur Simpang Santa) agar bisa digunakan dengan nyaman. Prinsipnya untuk kenyamanan seluruh masyarakat pengguna jalan," kata Heru di Jakarta Timur, Rabu.
 
Diketahui, Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya tengah melakukan penyesuaian dan uji coba rekayasa lalu lintas di simpang tersebut.
 
Selain itu, Heru menyampaikan Pemprov DKI sudah memerintahkan dinas terkait untuk maraton menuntaskan jalur lalu lintas di kawasan tersebut dan akan mengedepankan kenyamanan bagi seluruh masyarakat pengguna jalan.
Baca juga: Dishub DKI desain ulang jalur sepeda dan trotoar di Simpang Santa
Baca juga: Anggota DPRD DKI yakin Heru bongkar trotoar Simpang Santa berdasarkan kajian
Baca juga: Evaluasi rekayasa lalin di Simpang Santa mulai 26 April

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023