- From Promises to Progress, yang diumumkan pada hari jadi pertama Deklarasi bersejarah London mengenai NTD, menguraikan keberhasilan besar, kesenjangan yang ada dan jalan mencapai cita-cita ambisius pada tahun 2020

     NEW YORK, 16 Januari 2013 (ANTARA/PRNewswire) - Mitra global dalam memerangi penyakit tropis yang terabaikan (NTD) telah membuat kemajuan substansial tahun lalu, dengan lebih dari 40 negara menyampaikan rencana rinci untuk mengendalikan dan menghilangkan penyakit ini dan perusahaan farmasi besar menyumbangkan lebih dari satu miliar pengobatan untuk memenuhi 100 persen permintaan obat oleh negara-negara endemik. Keberhasilan ini dijelaskan dalam laporan baru, From Promises to Progress, yang diumumkan hari ini sebelum hari jadi pertama Deklarasi London, yang menyatukan mitra-mitra publik dan swasta di bawah tujuan bersama mengendalikan dan menghilangkan 10 NTD pada tahun 2020.

     "Prospek untuk keberhasilan belum pernah sekuat ini," kata Dr. Margaret Chan, Direktur Jenderal World Health Organization (WHO).  "Jutaan orang terbebas dari kesengsaraan dan kecacatan yang telah membuat penduduk tetap terpuruk dalam kemiskinan selama berabad-abad. Namun demikian, kemajuan terbaru telah mengungkapkan kebutuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya: Strategi pengendalian yang lebih bernuansa dan peralatan teknis baru."

     Berbagai upaya kerjasama antara organisasi sektor publik dan swasta telah membuat keberhasilan besar dalam usaha memerangi NTD, sekumpulan penyakit yang mempengaruhi mereka yang tinggal dalam kemiskinan serta menyebabkan sakit, melumpuhkan dan membuat cacat lebih dari satu miliar orang di 149 negara dan wilayah. Prestasi yang dicapai pada tahun 2012 meliputi:
 
     * Perusahaan farmasi terkemuka di dunia menyediakan 1,12 miliar obat NTD, yang merupakan peningkatan jumlah pengobatan sebesar 150 juta dari tahun 2011. Komitmen ini memenuhi permintaan yang meningkat dari mitra di negara endemik serta meniadakan hambatan utama terhadap pengobatan dan pencegahan NTD.
     * Sebanyak dua puluh sembilan negara mulai menerima albendazole atau mebendazole untuk mengobati atau mencegah kecacingan yang ditularkan melalui tanah, meningkatkan perawatan yang diberikan dengan obat-obat tersebut dari 46 juta pada tahun 2011 menjadi 238 juta pada tahun 2012.
     * Inggris menambah pengeluaran untuk NTD dari US$24,7 juta pada tahun 2011 menjadi $42,5 juta pada tahun 2012, sedangkan U.S. Agency for International Development terus meningkatkan sumbangannya selama beberapa tahun terakhir, mencapai $89 juta pada tahun 2012. Donor ini dan pihak lain yang menjanjikan dana untuk mendukung berbagai program terpadu, meningkatkan dan memperluas program yang sudah ada, menambah dana yang tersedia untuk pemetaan penyakit, memperbaiki strategi program melalui penelitian dan mengembangkan peralatan baru.
     * Lebih dari 40 negara mengembangkan rencana NTD terpadu berjangka waktu tahunan, dan Brasil, Burundi, Kamerun dan Honduras meluncurkan rencana mereka.
     * Dua uji diagnostik NTD memperoleh persetujuan regulasi: uji aliran lateral pertama untuk penyakit tidur diluncurkan pada Desember 2012, dan uji diagnostik cepat baru untuk filariasis limfatik akan tersedia pada paruh pertama tahun 2013.

     "Jumlah ini lebih dari sekedar obat yang disampaikan atau dana yang dijanjikan. Jumlah tersebut akhirnya berarti bahwa jutaan orang telah terhindar dari rasa sakit dan penderitaan akibat penyakit yang melemahkan ini," ujar Christopher A. Viehbacher, CEO Sanofi. "Melalui kemitraan baru dan inovatif, kami dapat terus membantu memutus lingkaran kemiskinan dan mengatasi beban NTD."

     Saat ini, WHO juga meluncurkan laporan kedua NTD, Sustaining the Drive to Overcome the Global Impact of Neglected Tropical Diseases, yang membahas jalan mencapai cita-cita tahun 2020, mengidentifikasi tantangan dan mengusulkan rencana mengatasi setiap penyakit. Laporan ini menawarkan kemajuan bersama bagi masyarakat NTD.

     Untuk mengkoordinasikan upaya dan memantau kemajuan, para mitra mengembangkan kartu catatan untuk melacak janji Deklarasi London. Kartu Catatan Deklarasi London, yang diumumkan hari ini bersama laporan tersebut, berisi kemajuan yang dibuat dan di mana upaya harus membaik jika mitra ingin mencapai cita-cita tahun 2020. Selain itu, kartu catatan dan laporan ini menetapkan tolok ukur keberhasilan pada tahun 2013 dan seterusnya yang akan membantu menempatkan dunia pada lintasan yang mantap menuju cita-cita tersebut.

     "Keberhasilan pengubah terhadap NTD hanya bisa terjadi dengan kerjasama semua sektor: yakni pemerintah, donor, industri dan LSM," kata Simon Bush, Direktur NTD di Sightsavers Internasional dan mantan Ketua NTD NGDO Network. "Melihat masyarakat NTD membuat upaya besar ini bersatu untuk mencapai peningkatan pengobatan yang diperlukan memberi saya harapan bahwa kita akan dapat menyelamatkan dunia dari beberapa penyakit terburuk."

     Selain menandai kemajuan terhadap NTD, From Promises to Progress mengidentifikasi beberapa kesenjangan. Analisis awal menunjukkan kesenjangan pendanaan tahunan sekitar $300 juta sampai tahun 2020 untuk pelaksanaan program NTD, yang akan mencegah peningkatan inisiatif kritis dan membahayakan ratusan juta orang. Para mitra harus memperkuat kapasitas pelaksanaan di negara-negara endemik NTD, termasuk investasi dalam pemetaan penyakit, serta meningkatkan penelitian dan pengembangan peralatan baru yang diprioritaskan untuk mendeteksi, mengobati dan mencegah penyakit. Guna menciptakan perubahan berkelanjutan dan mengatasi penyebab penyakit ini, masyarakat NTD juga harus bekerjasama di seluruh sektor, termasuk air, sanitasi dan pendidikan.

     Sebagai tanda komitmen mereka untuk mengatasi kesenjangan ini, hampir 500 pemangku kepentingan dari berbagai latar belakang bertemu pada November 2012 di World Bank guna membahas cara mengatasi tantangan dan meniru praktik terbaik di seluruh wilayah dan negara penyakit.

     "Dengan mendukung Deklarasi London tahun lalu, sekelompok mitra berkomitmen melipatgandakan upaya kami mengendalikan atau menghilangkan NTD pada akhir dekade ini. Tahun ini, kami telah melihat janji tersebut diwujudkan," ucap Trevor Mundel, Presiden Global Health di Bill & Melinda Gates Foundation. "Dengan bekerja sama, kami sedang melindungi jutaan orang dari kelumpuhan, kecacatan dan kematian."

     From Promises to Progress adalah pengumuman pertama dari apa yang akan menjadi laporan tahunan tentang komitmen global untuk mengendalikan dan menghilangkan NTD. Untuk teks lengkap laporan dan kartu catatan tersebut, dan untuk informasi lebih lanjut tentang upaya memerangi NTD, kunjungi www.unitingtocombatntds.org.

     Uniting to Combat Neglected Tropical Diseases
     Uniting to Combat NTDs adalah sekelompok organisasi yang berkomitmen mencapai tujuan WHO tahun 2020 untuk mengendalikan dan menghilangkan 10 NTD. Dengan bekerja sama, Uniting to Combat NTDs bertujuan memetakan arah baru terhadap kesehatan dan keberlanjutan di antara masyarakat termiskin di dunia. Organisasi afiliasinya telah menandatangani Deklarasi London mengenai NTD, yang diluncurkan pada tanggal 30 Januari 2012.

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013