Meskipun belum ada catatannya unggas di Cianjur, terjangkit flu burung, namun isu tersebut, cukup membuat kami para peternak was-was.
Cianjur (ANTARA News)- Peternak ayam pelung di Cianjur, Jabar, berikan vaksin terhadap ribuan ayam yang memiliki suara khas itu, seiring merebaknya isu flu burung.

Bahkan para peternak membeli vaksin sendiri, agar ayam mereka tidak tertular flu burung. Hal tersebut, dilakukan puluhan peternak di Kampung Songgom , Desa Cipetir, Kecamatan Cibeber.

"Meskipun belum ada catatannya unggas di Cianjur, terjangkit flu burung, namun isu tersebut, cukup membuat kami para peternak was-was," kata Agus (40) salah seorang peternak, Rabu.

Ia menuturkan, hal yang sama dilakukan ratusan peternak ayam pelung yang ada di seluruh wilayah Cianjur. Mereka mengaku mulai resah dengan merebaknya isu flu burung melanda di wilayah Tasikmalaya dan Ciamis.

"Untuk mengantisipasi situasi tersebut, kami memberikan vaksin bagi ratusan ayam pelung yang kami miliki, agar tidak terkena virus flu burung tersebut," tambahnya.

Tercatat di wilayah Cianjur, terdapat 1.200 peternak ayam pelung yang memiliki suara khas dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi, akan memberikan vaksin flu burung bagi 16.500 ekor ayam pelung.

Bahkan pemberian vaksin tersebut, ungkap sejumlah peternak di Kecamatan Warungkondang, akan terus terus dilakukan, terlebih saat musim penghujan seperti saat ini.

"Sebab serangan penyakit terhadap unggas biasanya terjadi di musim penghujan. Kami berharap dengan adanya isu flu burung ini, Dinas Peternakan Cianjur, dapat berperan aktif untuk mengantisifasi terhadap kemungkinan serangan virus tersebut," kata Heri (38) peternak di Warungkondang.
(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013