Hanoi (ANTARA News) - Sebuah pengadilan Vietnam telah menjatuhkan hukuman penjara tiga tahun untuk seorang petani ikan karena "merencanakan untuk menggulingkan negara", kata seorang pegawai pengadilan, Rabu.

Vo Viet Dzien (41) diputus bersalah pada Selasa atas dugaan merencanakan menggulingkan negara dan mengganggu perayaan jatuhnya Saigon pada pada 30 April 1975, kata seorang petugas di pengadilan Provinsi Tay Ninh tanpa memberikan rincian.

Dzien disebutkan terlibat dengan Partai Restorasi yang berbasis di AS, suatu kelompok pro-demokrasi yang tidak dikenal yang dilarang oleh pihak berwenang di Vietnam, demikian lapor AFP.

Awal bulan ini, 13 aktivis dipenjara atas tuduhan yang sama setelah sebuah pengadilan di provinsi bagian tengah Nghe An memutus mereka bersalah karena memiliki hubungan dengan Viet Tan - kelompok lain yang berbasis di AS dan dilarang. Hanoi menyebut kelompok itu sebagai organisasi teroris.

Kelompok HAM mengatakan tuduhan menyebarkan propaganda anti-negara dan usaha untuk menggulingkan rezim secara rutin dijatuhkan terhadap para pembangkang damai di negara tempat Partai Komunis yang berkuasa melarang perdebatan politik.

Puluhan aktivis politik telah dipenjara sejak Vietnam, yang merupakan negara satu partai, mulai melakukan tindakan keras pada kebebasan berekspresi di akhir tahun 2009.

(G003/H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013