Satu-satunya cara adalah memindahkan ibukota ke daerah lain"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR Marzuki Alie mengusulkan pemindahan ibukota Jakarta ke daerah lain di Indonesia karena permasalahan Kota Megapolitan ini sampai saat ini tak kunjung terpecahkan juga.

"Satu-satunya cara adalah memindahkan ibukota ke daerah lain," katanya di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, permasalahan di Jakarta, seperti banjir, kemacetan, sampah tidak akan bisa diselesaikan oleh siapa pun dan kapan pun serta dengan cara apa pun.

"Sampai kapan pun, kondisinya akan tetap seperti ini. Ibukota harus dipindahkan terlebih dahulu, baru permasalahan Jakarta akan segera selesai secara bertahap," katanya.

Menurut dia, jika ibukota dipindahkan ke daerah baru, maka daerah itu akan mudah ditata.

"Semua kantor pemerintahan bisa ditempatkan dalam satu lokasi dengan didukung oleh fasilitas perumahan, fasilitas umum dan fasilitas sosial yang memadai," katanya.

Dia berharap Pemprov Jakarta serius menangani permasalahan tersebut.

"Beban Jakarta sekarang ini terlalu berat, sudah saatnya serius untuk dilakukan upaya ke arah sana," katanya.

Dia menambahkan, jika ibukota telah dipindahkan maka transportasi juga akan bisa ditata ulang, termasuk pemecahan masalah polusi.

Namun, Marzuki mengakui masih sulit untuk mewujudkan itu semua mengingat mobilitas warga Jakarta yang cukup tinggi.

"Dalam kondisi sekarang, tidak mungkin menata dalam hiruk pikuk pemerintahan dan bolak-baliknya masyarakat yang melakukan kegiatan sehari-hari. Hampir mustahil itu semua bisa dilakukan," katanya.

Dia menilai memindahkan ibukota, dari aspek pendanaan harus terukur karena jika semuanya terencana, maka hasilnya juga akan maksimal.

"Dengan kondisi seperti ini, biaya yang dikeluarkan masyarakat dan pemerintah akibat macet juga sangat besar," katanya.

Menurut dia, biaya besar tersebut juga mengganggu kehidupan dan produktivitas. "Kalau tidak, sistimnya akan tambal sulam, biaya pembenahannya juga akan membengkak dan tidak bisa diprediksi karena memang banyak yang harus dibenahi," katanya.

Dia meyakini pemindahan ibukota dapat memberikan hasil yang lebih baik. "Saya yakin pemindahan ibukota akan jauh lebih terukur dampak hasilnya dan biayanya," katanya.

Terkait daerah mana yang bisa dijadikan ibukota baru, dia mengatakan tidak perlu jauh dari Jakarta. "Lokasinya tidak perlu jauh tapi bisa di sekitar Jakarta," katanya.

Namun, menurut dia, kondisi saat ini tanah di sekitar Jakarta sudah dimiliki orang-orang berada, sehingga dirinya pun mengusulkan untuk mereklamasi pantai.

"Semua lokasi yang dekat dengan Jakarta sudah dimiliki tuan tanah dan orang kaya. Harusnya pemerintah membuat daerah baru yang tidak dimainkan calo, seperti beberapa negara di dunia dengan menguruk pantai," katanya.

Dia mencontohkan daerah Putra Jaya sangat dekat Kuala Lumpur di Malaysia.

"Seluas 2000 ha bisa diuruk di sekitar Jakarta Utara, diurus oleh pemerintah langsung dengan membentuk Badan Otorita," katanya.

(J010)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013