Kita siap, meski tantangannya tidak mudah
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyatakan bahwa tim nasional Indonesia siap menghadapi lawan-lawannya di Piala Asia, meski di atas kertas lawan-lawan tersebut lebih kuat dibanding tim Garuda.

Hasil undian grup Piala Asia 2023 yang dilakukan pada Kamis di Doha, Qatar, menempatkan Indonesia di Grup D. Grup tersebut dihuni dua raksasa Asia yakni Jepang dan Irak, serta musuh bebuyutan timnas Indonesia, Vietnam.

"Kita sudah tahu kualitas Jepang levelnya sudah elit dunia, juga dengan Irak dan Vietnam. Seluruhnya adalah tim yang tangguh. Tapi semua bisa terjadi dalam 90 menit, dan semua dimulai dengan skor 0-0," kata Erick dalam pernyataan tertulis yang diterima pewarta.

"Kita siap, meski tantangannya tidak mudah," tambahnya.

Baca juga: Timnas Indonesia menghuni Grup D pada Piala Asia 2023

Menurut Erick, semua elemen timnas siap tempur untuk ajang yang akan berlangsung awal tahun depan itu. Pada undian grup itu yang berlangsung Kamis ini, Indonesia ditempatkan di pot 4, yang termasuk dalam klaster negara non unggulan.

"Timnas kita terus menunjukkan perkembangan yang positif. Meski kita tahu Piala Asia ini dihuni negara yang levelnya sudah dunia. Ini jelas menjadi tantangan sekaligus peluang kita untuk semakin meningkatkan level permainan timnas," kata sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini.

Bagi Erick, ditempatkannya Indonesia di Grup D menjadi sesuatu yang istimewa, karena di sana terdapat pula negara Asia Tenggara lainnya, Vietnam. Meski telah lama menjadi musuh bebuyutan bagi Indonesia, Erick yakin timnas memiliki kualitas untuk mengukir kejutan.

Ia pun yakin skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong memiliki kemampuan untuk bersaing di Piala Asia tahun ini.

"Ini adalah keikut sertaan kita kelima kali di Piala Asia, dan kita sudah sejak 2007 absen dan baru bisa kembali lagi ke Piala Asia. Kesempatan ini mesti kita manfaatkan dengan berjuang hingga peluit terakhir," tegas Erick.

Baca juga: PSSI siapkan strategsi hadapi ketatnya kalender timnas Indonesia
Baca juga: Uzbekistan juara Piala Asia U-20 setelah tundukkan Irak 1-0 di final

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023