Jakarta (ANTARA) - Sebuah delegasi dari Provinsi Fujian di China tenggara melakukan kunjungan ke Indonesia pada 8 hingga 10 Mei 2023, dalam upaya untuk memperluas kerja sama antara provinsi tersebut dengan pihak-pihak terkait di Indonesia.

Delegasi yang dipimpin oleh Sekretaris Komite Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) Provinsi Fujian Zhou Zuyi, yang juga menjabat sebagai ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Fujian, bertemu dengan sejumlah tokoh politik di Indonesia, di antaranya ketua umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan sekaligus mantan presiden Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri.

Mereka juga diterima oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin, Koordinator Kerja Sama Indonesia dengan China sekaligus Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan, dan Gubernur Provinsi Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo.

Dalam pertemuannya dengan para tokoh politik Indonesia, Zhou menyatakan bahwa China dan Indonesia adalah mitra dan sahabat yang akrab, dan kerja sama antara kedua pihak telah membuahkan hasil signifikan.

Fujian ingin meningkatkan kerja sama dengan pihak-pihak dari Indonesia untuk mengimplementasikan konsensus penting yang dicapai para pemimpin dari kedua negara.

Selain itu juga memanfaatkan sejumlah peluang seperti perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP), bersama-sama berupaya membangun "Dua Negara, Taman Kembar" (Two Countries, Twin Parks), dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam rangka membangun komunitas China-Indonesia dengan masa depan bersama.

Para tokoh politik Indonesia sepakat bahwa Indonesia memiliki hubungan erat yang bersejarah dengan Provinsi Fujian dan kerja sama antara kedua pihak terus berjalan.

Kemudian diharapkan ada lebih banyak upaya untuk mendorong pertukaran dan kolaborasi dengan Fujian sehingga kerja sama pragmatis antara kedua belah pihak dapat terus diperdalam.

Dalam berbagai kesempatan, Zhou menekankan peran penting dari para pengusaha dan partisipan dalam pembangunan "Dua Negara, Taman Kembar" serta para pelajar dan pemuda dalam pembangunan hubungan kemitraan China-Indonesia. Dia juga menyatakan harapan agar mereka berupaya lebih keras untuk memberi kontribusi baru dalam hal tersebut.

Zhou juga menghadiri acara peringatan 20 tahun Provinsi Fujian dan Provinsi Jawa Tengah menjalin kerja sama dan menjadi "sister province", serta menyaksikan penandatanganan perjanjian antara kota Fuzhou dan Semarang untuk memperluas kerja sama antara kedua ibu kota provinsi tersebut.

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2023