Wajib pajak yang jatuh tempo hari ini karena tertutupnya akses jalan tergenang air diberikan dispensasi dapat dibayar besok"
Jakarta (ANTARA News) - Menyusul banjir yang menggenangi beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya, telah memacetkan dan melumpuhkan lalu lintas di banyak titik ibukota.

Akibatnya, polisi terpaksa mengalihkan jalur lalu lintas biasa ke jalur-jalur lain sehingga kendaraan bisa keluar dari jebakan macet dan banjir.

Diantara pola lalu lintas yang diubah adalah di kawasan flyover Karet ke arah Universitas Atmajaya di Semanggi.  Menurut kesaksian warga, jalur lambat di daerah elite Jakarta di Sudirman ini telah ditutup karena muka air sudah setinggi satu lutut orang dewasa.

"Kendaraan motor mobil dipindah ke jalur cepat," tulis seorang warga dalam pesan singkat kepada ANTARA News.

Tidak itu saja, sejumlah kantor layanan publik mengeluarkan kebijakan unik kepada pelanggannya, diantaranya sbuah kantor pajak di Jakarta.

"Wajib pajak yang jatuh tempo hari ini karena tertutupnya akses jalan (akibat) tergenang air diberikan dispensasi (dengan) dapat dibayar besok dan tidak dikenakan denda," tulis satu pesan dari kantor pajak seperti kepada akun Twitter TMC Polda Metro yang diretwit kembali kepada masyarakat.

Sementara sebuah kantor pelayanan lalu lintas, diantaranya untuk pembuatan SIM (suarat izin mengemudi), juga mengambil kebijakan serupa.

"Untuk sementara Kantor Satpas SIM Daan Mogot hari ini tidak melayani masyarakat karena tergenaang air dan listrik (yang) dipadamkan," tulis kantor Samsat Daan Mogot di Jakarta Barat, dalam pesan yang diretwit @tmcpoldametro.  (*)

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013