Jakarta (ANTARA) - Holding BUMN Danareksa di bidang pembayaran dan produk digital PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) melakukan kerja sama tahap awal dengan platform pembayaran digital Ayoconnect untuk mendukung percepatan inklusi keuangan nasional.

Kolaborasi yang disepakati pada kegiatan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 ini mencakup perluasan jaringan billers digital bagi 40 anggota Jalin, termasuk Himbara, pada platform digital maupun mesin ATM link.

Direktur Komersial Jalin Eko Dedi Rukminto dalam pernyataan di Jakarta, Jumat, mengatakan kerja sama kemudahan akses nasabah ke berbagai pilihan channel billers ke lebih dari 100 produk digital ini merupakan upaya perusahaan untuk mencapai visi sebagai The National Digital Highway.

Visi tersebut, lanjut dia, bermanfaat dalam menghubungkan masyarakat dengan dengan ekosistem finansial dan nonfinansial, terutama pada sistem layanan pembayaran dan inovasi produk keuangan digital yang aman, handal, dan terpercaya.

"Jalin Payment Integrator merupakan produk yang dikerjasamakan dengan Ayoconnect untuk perluasan jaringan billers digital. Produk ini akan memberikan solusi integrasi semua channel pembayaran atas berbagai billers produk, khususnya produk digital, dan ini akan membuat proses transaksinya menjadi lebih mudah dan cepat," ujar Eko.

Baca juga: Bankaltimtara tanda tangani kerja sama dengan Jalin untuk layanan LINK

Dia pun memastikan Jalin sebagai bagian dari Holding Danareksa, yang merupakan BUMN spesialis transformasi pertama di Indonesia, akan terus berkolaborasi sinergis dengan industri di ekosistem keuangan digital untuk membangun ekosistem keuangan digital yang inklusif.

"Kerja sama tahap awal dengan Ayoconnect diharapkan mampu meningkatkan pengalaman nasabah perbankan dalam menikmati kemudahan layanan keuangan yang aman, efektif, dan efisien, serta memperluas jangkauan jaringan Jalin," kata Eko.

Melalui adanya integrasi kepada solusi Digital Products: Embedded Lifestyle API Ayoconnect, nantinya member Jalin dapat memiliki akses ke jaringan open API berisi lebih dari 1000 produk digital yang disediakan oleh Ayoconnect.

Untuk tahap pertama, nasabah dari anggota Jalin dapat menikmati voucher digital dan pembayaran PDAM, PBB, BPJS, Kartu Kredit dan Multifinance dari 1000 penyedia jasa, asuransi, dan institusi finansial. Kolaborasi ini juga memungkinkan jutaan nasabah member Jalin untuk melakukan end-to-end transaksi pembelian tiket KAI.

Baca juga: Jalin dan LinkAja memperluas implementasi QRIS hingga ke Malaysia

Salah seorang pendiri dan COO Ayoconnect Chiragh Kirpalani mengaku bangga atas kolaborasi sinergis dengan Jalin mengingat masyarakat saat ini sudah mulai banyak melakukan transaksi pembayaran secara digital di berbagai layanan daring.
 
"Kami melihat banyak masyarakat yang sebelumnya belum masuk ke digital footprint dan sekarang sudah menggunakan berbagai metode pembayaran digital di berbagai penjual online dan offline untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ujarnya.
 
Ke depannya, ia memastikan Ayoconnect akan terus berkolaborasi dengan institusi dan industri di ekosistem Open Finance untuk bergabung dalam jaringan API Ayoconnect dan berkontribusi dalam mempercepat inklusi keuangan digital nasional.

Baca juga: Mastercard gandeng Ayoconnect dorong inklusi keuangan

Baca juga: Pemerintah bidik indeks inklusi keuangan 88 persen di 2023

Baca juga: Pelaku industri rintisan sebut pentingnya perempuan mudah berinvestasi

Pewarta: Satyagraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023