Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Raissa Anggiani membagikan pengalaman dan pencapaiannya setelah menjadi salah satu artis yang masuk dalam program RADAR Indonesia 2022 di Spotify, yang menurut dia telah membuka banyak kesempatan dan pencapaian dalam karier bermusiknya.

"RADAR membuka pintu untuk banyak kesempatan luar biasa, salah satunya adalah menjadi ambassador EQUAL. RADAR membuatku menjadi lebih yakin atas potensi diriku," kata Raissa Anggiani melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut catatan Spotify, pencapaian Raissa Anggiani selama setahun terakhir terlihat dari adanya peningkatan dalam jumlah pendengar bulanan sebesar 151 persen, peningkatan followers (pengikut) di laman artis sebesar 629 persen, dan kenaikan dalam jumlah stream sebesar 790 persen.

Baca juga: Mantra Vutura tuangkan perenungan hidup dan akhirat lewat "aMakna"

Program RADAR dari Spotify ditujukan bagi artis pendatang baru untuk menghubungkan musik mereka kepada pendengar di dunia.

Selain masuk dalam playlist Spotify RADAR Indonesia, sebagai salah satu artis jebolan RADAR Indonesia 2022, Raissa Anggiani juga mendapatkan dukungan dari tim editorial dan pemasaran Spotify seperti #RamadandiSpotify dan kampanye lainnya.

"Rasanya luar biasa sekali bisa berada di posisi sekarang ini, apalagi buat aku yang terhitung masih baru di industri musik," ujar Raisa.

Bagi Raissa, Spotify sudah menjadi salah satu bagian besar dalam perjalanannya berkarier di musik serta membuatnya kembali sadar bahwa tidak mustahil untuk mewujudkan mimpi-mimpi besar karena siapa pun bisa dan mampu mewujudkannya.

Baca juga: Lagu "Komang" dari Raim Laode terbanyak diputar sehari di Spotify

Raissa memulai debutnya pada 2020 melalui lagu duet berjudul "If U Could See Me Cryin' in My Room" ft. Arash Buana. Pada tahun 2022, lagunya mencapai lebih dari 100 juta streams di Spotify.

Pada Oktober 2022, Raissa dipilih menjadi ambassador EQUAL. Kampanye EQUAL oleh Spotify sendiri bertujuan untuk mengupayakan kesetaraan gender di industri musik.

Lewat EQUAL, Raissa mendapatkan paparan global yang serupa dengan Billie Eilish dan Olivia Rodrigo, sosok yang menginspirasinya dalam bermusik. Melalui kampanye ini pula, wajah Raissa tampil di Billboard Spotify di Times Square, New York, AS.

Untuk saat ini, Raissa tengah mempersiapkan sebuah mini album baru dengan berkolaborasi bersama beberapa produser. Karya baru ini akan menampilkan sesuatu yang selama ini ingin dia bawa dalam musiknya, yaitu sebagai tempat peristirahatan untuk pendengar dan melodi yang mampu mengetuk pintu hati mereka.

Baca juga: Caldera dan Bilal Indrajaya kolaborasi pada lagu "Semestinya"

Baca juga: Idgitaf bahas pulihnya trauma dalam lagu "Satu-Satu"

Baca juga: Resso hadirkan program untuk musisi pendatang baru Indonesia

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023