Jakarta (ANTARA) - PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) bekerja sama dengan platform Open Finance API Ayoconnect untuk memperluas akses nasabah 40 anggota Jalin ke lebih dari 1000 produk digital jaringan billers.

Direktur Komersial Jalin Eko Dedi Rukminto mengatakan kerja sama Jalin dan Ayoconnect diwujudkan melalui produk Jalin Payment Integrator.

“Produk ini akan memberikan solusi intergrasi semua channel pembayaran atas berbagai billers produk, khususnya produk digital, dan ini akan membuat proses transaksinya menjadi lebih mudah dan cepat,” kata Eko dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Dengan berintegrasi ke solusi Digital Products: Embedded Lifestyle API Ayoconnect, anggota Jalin memiliki akses ke jaringan open API berisi lebih dari 1000 produk digital yang disediakan oleh Ayoconnect.

Untuk tahap pertama, nasabah dari anggota Jalin dapat menikmati voucher digital dan pembayaran PDAM, PBB, BPJS, kartu kredit, dan Multifinance dari 1000 penyedia jasa, asuransi, dan institusi finansial.

Kolaborasi tersebut juga memungkinkan jutaan nasabah anggota Jalin untuk melakukan end-to-end transaksi pembelian tiket Kereta Api Indonesia (KAI).

Eko menambahkan, kerja sama tersebut merupakan salah satu upaya perusahaan untuk mencapai visi sebagai The National Digital Highway dalam menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non-finansial.

Sebagai bagian dari Holding Danareksa di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalin akan terus memperluas kolaborasi dengan industri di ekosistem keuangan digital. Hal itu bertujuan untuk membangun ekosistem keuangan digital yang inklusif demi mendukung kemajuan Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Jalin dan Ayoconnect dilakukan pada acara Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 yang digelar di Hall B Jakarta Convention Center (JCC).

Dalam kesempatan tersebut, Co-Founder dan COO Ayoconnect Chiragh Kirpalani mengatakan kerja sama dengan Jalin menjadi salah satu langkah perusahaan untuk berkontribusi dalam mempercepat inklusi keuangan digital nasional.

“Ke depannya, kami akan terus berkolaborasi dengan institusi dan industri di ekosistem Open Finance untuk bergabung dalam jaringan API Ayoconnect,” ujar Chiragh.

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023