Jakarta (ANTARA) - Kreator konten kecantikan dan pemengaruh Tasya Farasya mengaku bisa meraup Rp600 juta dalam waktu beberapa bulan berkat spill link atau membagikan tautan produk yang dijual di aplikasi belanja daring Shopee, yang merupakan bagian dari program Shopee Affiliate.

"Aku join Oktober dan awal-awal enggak harus selalu pake link (saat membuat konten), terus aku sempat lupa juga ada bagikan link ini. Terus lima bulan kemudian, baru nanya, tahunya sampai hari ini itu udah Rp600 juta sekian," kata Tasya Farasya dalam acara daring, Jumat.

Shopee Affiliate merupakan program Shopee yang mengajak seluruh pengguna media sosial mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mempromosikan produk yang dijual di Shopee.

Baca juga: Tips jadi beauty vlogger ala Tasya Farasya

Program tersebut memberikan keuntungan seperti komisi tetap hingga lima persen untuk produk penjual di Shopee Mall, Shopee Supermarket, Star+, dan Star. Kemudian, terdapat juga komisi XTRA tambahan tanpa batas maksimum per transaksi, produk gratis dengan mengikuti kampanye Shopee, hingga bonus komisi 15 persen dari Shopee Affiliate Millionaire Leaders.

Tasya Farasya kerap membagikan konten ulasan produk kecantikan. Dia bercerita, awal mula dirinya bergabung dengan Shopee Affiliate adalah karena penonton sering meminta tautan belanja daring dari barang-barang yang ia pakai di konten yang dibagikan.

"Waktu itu aku pahamnya kalau membagikan link itu harus kerja sama dengan brand-nya. Terus aku mulai sering lihat teman-teman aku, kok, pada rajin membagikan link. Akhirnya aku baru tahu kalau membagikan link itu ada afiliasinya," ujar kreator konten dengan 6,1 juta pengikut di Instagram itu.

Selain mendapatkan penghasilan tambahan, Tasya mengaku bahwa dengan bergabung dengan Shopee Affiliates Program dia bisa mempermudah para pengikutnya di media sosial dalam mencari produk terbaik.

Tasya pun membagikan tips agar kreator konten lain dan masyarakat umum juga bisa meraih cuan dari membuat konten di media sosial.

Menurut dia, saat membuat konten untuk Shopee Affiliate Program, jangan menjadikan hal tersebut sebagai beban yang berat. Sebaliknya, jadikan aktivitas tersebut seolah-olah hiburan di tengah aktivitas lainnya.

Kemudian, buat ulasan produk yang senatural mungkin. Selain itu, bisa juga membuat konten yang memancing rasa penasaran, dengan tidak terlalu banyak membagikan informasi dalam satu halaman.

"Misalnya ada yang nanya 'kak ini apa, sih?', lalu kasih link-nya (pakai caption) 'ini beneran bagus banget'. Mereka pasti penasaran dan akan klik (tautan produk)," tutur Tasya.

Baca juga: RANS Entertainment & Tasya Farasya disebut pemengaruh paling kredibel

Baca juga: Shopee 3.3 Grand Fashion Sale, temukan gaya personal dengan mudah

Baca juga: Hari jadi ke-8, Sociolla hadirkan brand hingga selebriti di mal Kokas

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023