Jakarta (ANTARA) - Pelatih tunggal putra bulu tangkis Indonesia Harry Hartono menilai kehadiran Chico Aura Dwi Wardoyo dan Christian Adinata yang menempati unggulan pertama dan kedua menjadi keuntungan yang harus dimanfaatkan untuk mendulang medali SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja.

"Kalau kita melihat peluang itu besar, kita harus bisa manfaatkan sebaik-baiknya," kata Harry lewat informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Harry mengingatkan agar kedua atletnya itu tidak terbebani dengan titel tersebut. Tim pelatih pun berusaha mengarahkan Chico dan Christian agar mampu menjaga fokus dan sehingga bermai  penuh dengan motivasi.

Berkaca dari hasil SEA Games sebelumnya, Harry melihat performa Chico dan Christian masih belum maksimal. Harry berharap mereka bisa memperbaiki permainannya pada edisi tahun ini dan menyumbang medali bagi Merah Putih.

"Tentunya tidak boleh jadi beban. Pikiran mereka saya arahkan untuk fokus, main all out dan penuh motivasi. Tahun lalu baik Chico maupun Christian juga turun di perorangan tapi hasilnya belum maksimal. Saya harap di kesempatan kali ini mereka bisa menyumbang medali," ucap Harry.

Selain itu, penampilan Chico dan Christian juga dianggap belum berada di permainan terbaik saat mewakili Indonesia pada nomor beregu putra. Mereka masing-masing mencatatkan satu kemenangan dan satu kekalahan.

Namun Harry berusaha melihat sisi positifnya, karena kedua atletnya jadi memiliki tantangan sebelum turun pada nomor perorangan.

"Itu bakalan menjadi evaluasi mereka untuk pertandingan-pertandingan berikutnya. Semoga mereka bisa belajar dari hal itu," ungkap Harry.

Chico sendiri sudah melakoni laga perdana di babak 16 besar nomor perorangan, Jumat. Berlaga di Badminton Hall Morodok Techo, Chico sukses menang dua gim langsung 21-10, 21-12 atas wakil Filipina Mark Anthony Velasco.

"Di pertandingan pertama tadi saya coba kembali fokus di lagi pertandingan. Memang di awal tadi sempat ada tidak enak mainnya tapi di poin-poin berikutnya saya sudah bisa bermain dengan cukup baik," ucap Chico.

Pebulu tangkis asal Jayapura, Papua, itu pun tidak terlalu terbebani dengan status unggulan pertama. Ia justru termotivasi untuk bermain lebih baik dan semangat.

Sementara itu, Christian baru akan bertanding pada Sabtu dengan menghadapi Saran Jamsri asal Thailand.

Baca juga: Komang kembali tundukkan wakil tuan rumah pada nomor individu
Baca juga: PBSI ingatkan tim putra tetap konsisten pada nomor individu SEA Games
Baca juga: Indonesia raih emas bulu tangkis beregu putra yang ke-18 di SEA Games

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023