Ambon (ANTARA) - Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura menyalurkan bantuan untuk pondok pesantren (ponpes) dan panti asuhan di Kota Ambon dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-24.

"Kali ini, agar HUT lebih bermakna, Kodam XVI/Pattimura menggelar aksi sosial menyasar ponpes dan panti asuhan guna bersilaturahim dan berbagi berkah dengan memberikan sejumlah tali asih," ujar Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa dalam sambutan yang dibacakan Asrendam XVI/Pattimura Kolonel Czi Harry Pratomo di Ambon, Sabtu.

Baca juga: Kodam XVI Pattimura aksi bersih sungai di Ambon peringati HUT ke-24

Ponpes dan panti asuhan yang disambangi jajaran Kodam XVI/Pattimura yaitu Ponpes Ishaka dan Panti Asuhan Santa Maria Kota Ambon.

"Janganlah dilihat dari besar dan kecil nilainya, namun rasakanlah sebagai rangkaian ikatan dan ketulusan hati kami. Semoga hal ini dapat memberi manfaat dan meningkatkan rasa kebersamaan serta kekeluargaan antara Kodam XVI/Pattimura dengan para pengurus dan anak-anak ponpes dan panti asuhan," katanya.

Pimpinan Ponpes Ishaka Ahuru Taib Hunsouw mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Kodam XVI/Pattimura dan akan digunakan juga untuk biaya operasional ponpes.

Baca juga: Pangdam Pattimura perkuat sinergi untuk penanganan konflik Haruku

"Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat, bukan hanya untuk santri-santri yang ada di ponpes ini tetapi juga operasional ponpes", ujarnya.

Ketua Pengurus Panti Asuhan Santa Maria Ambon Mary Yamrewav mengatakan Panti Asuhan Santa Maria saat ini dihuni oleh 30 anak perempuan, dengan jenjang umur 12 hingga 18 tahun.
Penyerahan bantuan sosial kepada Panti Asuhan Santa Maria Ambon oleh Kodam XVI/Pattimura (Antara/DedyAzis)


Ia juga menyampaikan bahwa TNI sebagai garda terdepan dalam pertahanan perlu mendapat dukungan dari masyarakat, termasuk anak panti asuhan, yang mungkin di masa yang akan datang, ada di antara mereka yang menjadi anggota TNI.

Baca juga: Pangdam Pattimura ajak forkopimda Maluku bahas pencegahan konflik

"Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatiannya kepada kami. Semoga Tuhan memberkati," ujarnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023